wartadigital.id
Headline Sport

Buka Porprov VII di Jember, Khofifah Sebut Ajang Cetak Atlet Berprestasi

Suasana pembukaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Jatim 2022 di Jember Sport Garden, Sabtu (25/6/2022) malam.

 

JEMBER (wartadigital.id) –  Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa resmi membuka pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Jatim 2022 yang berlangsung di Jember, Bondowoso, Situbondo dan Lumajang. Pembukaan berlangsung di Jember Sport Garden, Sabtu (25/6/2022)  malam.

Khofifah menyampaikan apresiasinya atas dukungan banyak pihak. Terutama kepala daerah dan masyarakat dari empat daerah yang kebagian menjadi tuan rumah yang sudah menyukseskan seluruh rangkaian kegiatan yang ada.

Ia menyampaikan, ajang Porprov ini merupakan agenda penting dalam rangka mencetak atlet berprestasi baik secara nasional maupun dunia. Ia pun optimistis Porprov akan menjadi ajang pembibitan atlet muda Jatim yang hebat di masing-masing 47 Cabang Olahraga (cabor).

Tak hanya itu, kegiatan Porprov ini diharapkan berkontribusi membangun suasana sportivitas di antara para atlet, serta semangat borderless atau tanpa ada sekat di antara suku yang berbeda satu sama lain.
“Semoga  Porprov ini mampu mendongkrak perekonomian masyatakat yang terdampak adanya pandemi virus corona atau Covid-19,” kata Khofifah.

Ketua KONI Jatim  M Nabil menyampaikan, kegiatan Porprov VII Jatim 2022 digelar mulai 25 Juni hingga 3 Juli 2022 di empat kabupaten, yakni Kabupaten Jember, Lumajang, Situbondo dan Bondowoso. Di mana, ada 47 caban olahraga yanh dipertandingkan.

Sedangkan, jumlah peserta yang ikut sebanyak 10.151 atlet, 823 ofisial tim, 3.512 ofisial cabang olahraga, sehingga total yang hadir adalah 14.486 peserta.

Untuk total pelatih dan official tim berjumlah hampir 15 ribu atau mencapai 14.486. “Ini rekor di Indonesia lebih besar dari PON sejak awal sampai Papua. Jatim memang luar biasa,” terang Nabil.

Porprov VII Jatim 2022 ini mengusung tema “Dari Jawa Timur Untuk Indonesia Menuju Prestasi Dunia”. Nabil berharap, dari Porprov akan muncul bibit baru yang memiliki prestasi internasional.

“Tema yang kita tekankan dari Jatim untuk indonesia menuju prestasi dunia. Terbukti atlet kita yang ikut Porprov kali ini dari Pacitan meraih gelar juara dunia angkat besi. Pelan tapi pasti kita mengarah ke juara nasional sampai dunia. Kita bertekad menjadikan olahraga bangkit, ekonomi bangkit dan SDM bangkit,” ujarnya.

Acara pembukaan Porprov Jatim 2022 ini dimeriahkan dengan berbagai macam hiburan, antara lain penampilan drumband SMA Taruna Brawijaya, senam PERWOSI dan penampilan tari daerah yang diikuti 1.500 penari dengan menampilkan 10 macam tarian di Indonesia. Sebanyak 1.500 orang ibu-ibu juga akan melakukan flash mob bersama di lapangan JSG, sekaligus membuat konfigurasi “Optimis Jatim Bangkit”.

Selain itu juga seni dari Watu Ulo, Linkrafin, dan band lokal Jember, serta beberapa artis tanah air seperti Ragilda Idol yang menyanyikan lagu jingle Porprov Jatim ciptaan Gubernur Khofifah berjudul ‘Laga’. Gelaran opening Porprov ini kemudian ditutup dengan penampilan grup band pop Tanah Air, Kotak dengan membawakan 10 lagu. nus

Related posts

Raih Banyak Penghargaan, Khofifah Sampaikan Apresiasi atas Kinerja Terbaik ASN Pemprov Jatim

redaksiWD

Khofifah Minta Masyarakat Jatim Doakan  Kiai Miftachul Akhyar Kondisinya  Membaik

redaksiWD

Pesisir Kenjeran – Bulak Diterjang Banjir Rob, Sejumlah Perahu Nelayan Rusak

redaksiWD