wartadigital.id
Headline Pendidikan

Buruan Daftar, Beasiswa Australia Awards Indonesia Nusantara Resmi Dibuka

Kampus Monash University Indonesia berada di Bumi Serpong Damai di Tangerang Selatan.

 

JAKARTA (wartadigital.id) – Sebagai rangkaian bukti nyata kerjasama Indonesia dan Australia yang diteken oleh Presiden Jokowi saat kunjungan kenegaraan ke Sydney beberapa waktu lalu, Monash University Indonesia ditunjuk sebagai institusi pendidikan terkemuka Australia di Tanah Air yang memfasilitasi penyelenggaraan program Beasiswa Australia Awards Indonesia Nusantara.

Program ini akan memberikan beasiswa penuh bagi 10 individu berbakat Tanah Air untuk menempuh pendidikan pasca sarjana di berbagai disiplin ilmu di Monash University Indonesia mulai Oktober 2023 mendatang. Diinisiasi langsung oleh Pemerintah Australia melalui Australia Awards in Indonesia,  program beasiswa ini bertujuan mendukung lahirnya calon pemimpin masa depan yang berkontribusi sekaligus menjadi agen perubahan dalam pembangunan pusat pemerintahan baru Indonesia, Ibukota Nusantara (IKN).

Pelaksanaan program Australia Awards Indonesia Nusantara Scholarships juga menjadi perwujudan terkini atas misi bersama antara Monash University Indonesia dan Pemerintah Republik Indonesia (RI) dalam mentransformasi dunia pendidikan dalam negeri menuju tingkat kemapanan akademik yang lebih tinggi.

Upaya tersebut memperkuat komitmen yang telah lebih dulu disepakati oleh Presiden RI Jokowi dan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese, berupa kolaborasi kedua negara untuk meningkatkan kualitas SDM  Indonesia melalui pendidikan.

Prof  Andrew Macintyre selaku Pro-Vice Chancellor & President of Monash University Indonesia, mengatakan pihaknya sangat menyambut baik kesempatan untuk menjadi bagian dari kekuatan transformasi dalam memajukan kualitas SDM Indonesia melalui pendidikan. “Monash University Indonesia, mendukung penuh komitmen pemerintah Indonesia dalam menghasilkan talenta berkualitas tinggi untuk berkontribusi bagi kemajuan negara, termasuk dalam upaya mensukseskan pembangunan pusat pemerintahan baru di IKN,” katanya dalam keterangan resmi, Selasa (15/8/2023).

Dijelaskan Prof  Andrew Macintyre  adapun program Beasiswa Australia Awards Indonesia Nusantara adalah bagian dari investasi jangka panjang Pemerintah Australia dan Monash University, Indonesia untuk membina calon pemimpin masa depan yang dapat membuka kesempatan sekaligus memperluas potensi mereka untuk meraih sukses lebih besar, seraya berkelanjutan memberi dampak positif bagi bangsa dan Tanah Air.

Di pernyataaannya baru-baru ini mengenai program beasiswa, Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams PSM mengatakan pendidikan merupakan katalis untuk kemajuan dan transformasi. “Beasiswa Australia Awards Indonesia Nusantara membuka pintu bagi individu-individu berbakat untuk mendapatkan akses pendidikan Australia kelas dunia di Indonesia dan berkontribusi pada pengembangan ibukota baru,” katanya.

Adapun para pelamar program Beasiswa Australia Awards Indonesia Nusantara Scholarships nantinya akan diseleksi berdasarkan beberapa hal, mulai dari kualitas profesional dan pribadi, kompetensi akademik, serta yang paling penting adalah potensi kandidat dalam mempengaruhi tantangan pembangunan di Indonesia. Setiap pelamar juga akan diminta untuk menunjukkan komitmen untuk berkontribusi pada pengembangan IKN sebagai pusat pemerintahan baru Indonesia, baik secara pengetahuan, keterampilan, maupun jejaring yang diperoleh melalui studi mereka.

Lebih lanjut, program Australia Awards Indonesia Nusantara Scholarships turut menerapkan kesetaraan dalam komposisi penerima beasiswanya dengan memberikan kesempatan yang sama bagi pelamar perempuan dan laki-laki dari berbagai latar belakang. Kebijakan tersebut juga mencakup mereka yang berasal dari Kelompok Sasaran Pemerataan seperti penyandang disabilitas, perempuan kelompok rentan, serta mereka yang berasal dari berbagai provinsi prioritas pemerataan. Pelamar yang berasal dari  Kalimantan Timur, lokasi IKN, juga dianjurkan untuk mendaftar. set

Related posts

Resepsi Pernikahan Eva Celia Bakal Digelar di Indonesia dan Jerman

redaksiWD

Sambut Ramadan 1445 H, Raja Salman Desak Dunia Hentikan Kejahatan Brutal Israel terhadap Palestina

redaksiWD

Usulan Menag Biaya Haji Jadi Rp 69 Juta, Yan Harahap Sindir Ngiler Amat Sama Dana Umat

redaksiWD