wartadigital.id
Sport

Detec International, Petenis Indonesia Boyong Juara Tunggal Putra

Rafalentino Ali Da Costa berhasil memboyong gelar juara tunggal putra

JEMBER (wartadigutal.id) – Petenis Indonesia Rafalentino Ali Da Costa (14 tahun) berhasil memboyong gelar juara tunggal putra seri kedua turnamen Detec International Junior Championship 2024 yang digelar di lapangan tenis outdoor GOR Pusat Kegiatan Pemuda, Seni, dan Olahraga (PKPSO) Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Unggulan teratas itu mengandaskan kompatriotnya, Michal Ihsan Wicaksana (17 tahun) dalam laga final yang digelar di lapangan tenis tersebut pada Minggu (26/5/2024).

Rafalentino yang biasa disapa Falen yang menduduki peringkat 621 itu menang atas unggulan ke-10 yang berada di posisi 1973 junior dunia melalui laga straight set, 6-3, 6-3.

“Lega, akhirnya bisa juara tunggal juga setelah empat kali masuk final ITF Junior,” kata anak mantan petenis kidal nasional, Sebastian Da Costa itu.

Falen yang meraih juara tunggal turnamen kategori Federasi Tenis Internasional (ITF) J30 itu melengkapi koleksi tiga gelar ganda yang telah diraihnya di Jakarta dan Singapura.

Prestasi tersebut memberinya donasi 30 poin single dengan total poin peringkat sejumlah 165. Awal pekan depan, Senin (27/5), Falen bakal menembus Top 500 ITF Junior, berada di ranking 460-an.

Usai berlaga di Jember, Falen segera bertolak ke Jepang pada Selasa (28/5). Dia berencana mengikuti dua seri ITF J60 di Negeri Matahari Terbit itu, yakni Miki City.

Sepertinya, Falen harus berhitung ulang karena usianya yang masih 14 tahun karena merujuk aturan ITF World Tennis Tour Junior, dia hanya bisa bertanding maksimal 14 turnamen dalam 52 pekan terakhir.

Detec International Junior Championships seri kedua yang digelar di Kabupaten Jember itu adalah ajang ke-13 bagi andalan tim Merah Putih.

Sebelumnya petenis Indonesia Cylova Zuleyka Hukmasabiyya (17 tahun) berhasil memenangi gelar juara tunggal puteri seri kedua turnamen Detec International Junior Championship 2024.

Pada laga final itu, unggulan kedua tersebut berhasil mengalahkan wakil dari Taiwan, Tzeng Mu-Jie. Cylova, peringkat 838 itu unggul atas seeded teratas yang berada di posisi sangat jauh di atasnya, yakni 234 dunia junior melalui laga straight set, 6-4, 6-4.

Petenis junior dari 17 negara mengikuti turnamen tenis tingkat dunia bertajuk Detec International Junior Championships yang kali ini digelar di Kabupaten Jember.

Lapangan tenis GOR Pusat Kegiatan Pemuda, Seni, dan Olahraga (PKPSO) menjadi gelanggang baru untuk dua seri ajang resmi dalam kalender kompetisi Federasi Tenis Internasional (ITF) itu, 11-26 Mei 2024. ntr, tns

Related posts

Minta Maaf Bonus Peraih Medali Porprov Belum Turun, Pemkot Surabaya Masih Menunggu PAK

redaksiWD

Liga 1: Dua Gol Sidibe Menangkan Persis atas PSIS

redaksiWD

Plh Sekdaprov Heru Tegaskan Pemprov Jatim Dukung Seluruh Kegiatan Cabor

redaksiWD