wartadigital.id
Headline Manca

Di Luar Erdogan, Ini 3 Kandidat yang Akan Bertarung dalam Pilpres Turki

Turki dalam waktu dekat akan menggelar Pilpres.

 

ANKARA (wartadigital.id) – Empat kandidat akan bertarung dalam pemilihan presiden (Pilpres) Turki pada 14 Mei 2023. Mereka termasuk kandidat petahana, yakni Presiden Recep Tayyip Erdogan . Daftar final empat kandidat presiden Turki—negara yang kini berganti nama menjadi Turkiye—telah dirilis resmi pada hari, Jumat (31/3/2023).

Erdogan menjadi kandidat dari Aliansi Rakyat yang berkuasa. Aliansi tersebut didukung Partai Gerakan Islam (HÜDAPAR) dan Partai Tanah Air (ANAVATAN). Erdogan, yang telah memimpin Turki selama dua dekade terakhir, menghadapi pilpres terberat dalam kariernya karena krisis biaya hidup yang mendalam dan pembangunan kembali kota-kota yang hancur akibat gempa bumi menguji pemerintahannya.

Ini 3 Kandidat Presiden Turki Penantang Erdogan

Setiap kandidat harus memenangkan lebih dari 50 persen suara untuk menghindari putaran kedua dua minggu kemudian. Mengutip Bloomberg, tiga kandidat presiden penantang Erdogan dalam pilpres Turki 14 Mei mendatang adalah:

  1. Kemal Kilicdaroglu
Kemal Kilicdaroglu

Dia adalah kandidat dari Aliansi Bangsa, kubu oposisi terbesar. Aliansi ini didukung oleh Partai Sejati, Partai Kebebasan Sosial (TÖP), Partai Demokrat Liberal (LDP) dan Partai Pembebasan Rakyat (HKP) yang merupakan partai kecil tanpa keberadaan parlementer.

  1. Muharrem Ince
Muharrem Ince

Ince adalah pemimpin Partai Tanah Air. Dia berpisah dari partai pimpinan Kilicdaroglu pada 2021. İnce menerima 114.657 tanda tangan dari para pemilih. Persyaratan untuk menjadi kandidat yang tidak memiliki aliansi di Parlemen adalah memperoleh dukungan berupa minimal 100.000 tanda tangan para pemilih. Majunya Ince menuai kritik karena dianggap membahayakan perolehan suara kubu oposisi yang ingin mengalahkan Erdogan.

  1. Sinan Oğan
Sinan Oğan

Dia mewakili Aliansi ATA sayap kanan yang didukung lima partai nasionalis termasuk Partai Zafer yang anti-imigran. Ogan telah menerima 111.502 tanda tangan dari para pemilih sehingga bisa maju sebagai kandidat presiden. Aliansi Buruh dan Kebebasan yang terdiri dari beberapa partai kiri termasuk Partai Rakyat Demokratik (HDP) dan Partai Buruh Turki (TİP) sebelumnya mengumumkan bahwa mereka tidak akan mengajukan calon untuk pemilihan presiden. sin

 

Related posts

Ramaikan Lebaran 2022, Blibli dan Pemprov Jateng Gelar Bazar UMKM Wow

redaksiWD

Pangkas Antrean, Pemkot Surabaya Percepat Pelayanan Kesehatan di Puskesmas

redaksiWD

Mahasiswa Bandung Kibarkan Bendera Setengah Tiang, Simbol Matinya Demokrasi

redaksiWD