wartadigital.id
Pantura

DKPP Bojonegoro dan TP PKK Gelar Lomba Cipta Menu Pangan Lokal

Wujudkan masyarakat sehat dan bahagia TP PKK dan DKPP Bojonegoro menggelar Lomba Cipta Menu 2024, Senin (20/5/2024) di Pendopo Malowopati

BOJONEGORO (wartadigital.id) – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Bojonegoro bersama Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) menggelar Lomba Cipta Menu 2024, Senin (20/5/2024) di Pendopo Malowopati. Lomba bertema ‘Sehat dan Bahagia dengan Pangan Lokal’ itu secara khusus memanfaatkan berbagai bahan di pekarangan rumah.

Pj Ketua TP PKK Kabupaten Bojonegoro Dian Adiyanti Adriyanto mengatakan, variasi menu kreasi para ibu sangat banyak. Ia juga memuji semangat para ibu yang hadir mengikuti lomba. Para peserta sangat antusias berkreativitas menciptakan menu beragam dengan menggunakan pangan lokal di Bojonegoro.

Menjadi sehat dan aktif, lanjut Dian Adiyanti, membutuhkan asupan pangan yang bergizi dan seimbang. Ini dikenal dengan pangan yang Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA). Untuk memenuhi kebutuhan pangan, B2SA adalah penganekaragaman pangan baik itu ketersediaan maupun konsumsi yang digunakan untuk pemenuhan gizi agar selalu fit dan dijauhkan dari penyakit. Khususnya menggunakan sumber lokal di wilayah masing-masing.

“Untuk mengimplementasikan B2SA maka diadakan lomba ini. Bertujuan membangun kreativitas untuk menciptakan menu baru. Maka pemilihan jenis pangan yang dapat digunakan sangat penting karena perlu memperhatikan nilai gizi, kualitas, kehalalan dan keamanan. Sehingga ini menjadi bagian edukasi dari DKPP dan tanggung jawab dari Tim PKK untuk mengedukasi masyarakat,” kata dia.

Dengan adanya lomba ini, diharapkan, para kader PKK dapat menciptakan menu sehat beragam dan memiliki gizi seimbang untuk keluarga. Sebab, menyediakan pangan yang perlu diperhatikan ialah sisi kandungannya. Sehingga, makna kenyang tidak harus nasi.

“Semoga membawa manfaat dan kebaikan. Utamanya ibu-ibu yang menjadi pilar utama. Sehingga jadi role model tidak hanya di keluarga tapi juga di masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Ketahanan Pangan DKPP Bojonegoro, Moch. Rudianto mewakili Kepala DKPP Kabupaten Bojonegoro Helmi Elisabeth menjelaskan, untuk menjadi sehat dan produktif perlu asupan makan cukup, beragam, bergizi seimbang dan aman dikonsumsi.

“Capaian PPH konsumsi di Kabupaten Bojonegoro 85,9 dari angka sempurna 100 dengan konsumsi karbohidrat beras mendominasi,” ujarnya.

Lebih lanjut, tujuan kegiatan lomba untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan yang beragam dan bergizi seimbang untuk peningkatan kesehatan. Selain itu, agar dapat memilih menu B2SA, karena ibu ialah pilar keluarga dalam menyajikan pangan di rumah tangga.

Selain itu, lomba juga untuk memenuhi gizi seimbang dengan memanfaatkan potensi yang ada khususnya di pekarangan.

Daftar Pemenang Lomba Cipta Menu 2024 :
Juara 1, TP PKK Kecamatan Baureno meraih hadiah Rp 3.000.000
Juara 2, TP PKK Kecamatan Trucuk meraih hadiah Rp 2.000.000
Juara 3, TP PKK Kecamatan Bubulan Rp 1.000.000. boe, abk

Related posts

Tiga Menteri Negara Bersama Gubernur Khofifah Tinjau Vaksinasi di Bojonegoro

redaksiWD

Tahun 2024, Jemaah Calon Haji Kenakan Baju Batik Baru

redaksiWD

Dinilai Mengancam, Keluarga KD Polisikan Ortu Ayu Ting Ting ke Polres Bojonegoro

redaksiWD