wartadigital.id
Headline Manca

Gempa Berkekuatan 6,1 SR Guncang Provinsi Duzce Turki, Puluhan Orang Terluka

usgs
Turki digundang gempa bumi berkekuatan 6,1 SR.

 

ANKARA (wartadigital.id) – Gempa berkekuatan 6,1 Skala Richter (SR) mengguncang Provinsi Duzce barat laut Turki, melukai beberapa orang, Rabu (23/11/2022) pagi.  Para korban terluka termasuk satu orang yang dalam kondisi serius. Dampak gempa mematikan aliran listrik di seluruh wilayah.

“Gempa tersebut terjadi pada Rabu pagi dan berpusat di Kota Golkaya, tetapi dirasakan sekitar 200 kilometer timur di Istanbul, ibukota,” ungkap pernyataan Kepresidenan Manajemen Bencana dan Darurat Turkiye.

Badan tersebut mengatakan gempa pertama diikuti 35 gempa susulan yang lebih kecil. Gempa memicu kepanikan karena banyak orang bergegas keluar dari gedung di wilayah rawan gempa. Tidak ada laporan segera tentang kerusakan besar akibat gempa itu.

Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu mengatakan kepada media lokal bahwa 22 orang dirawat di rumah sakit setelah insiden itu. Beberapa korban di antaranya melompat dari balkon atau jendela karena takut bangunan mereka akan runtuh.

Dia menambahkan, setidaknya satu orang berada dalam “kondisi serius”. Meskipun demikian, dia memberikan sedikit rincian lain tentang mereka yang terluka.  Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mencatat peristiwa bermagnitudo 6,1 SR.

Pejabat bencana lokal menempatkan gempa primer pada 5,9 SR sedikit lebih rendah. Sementara Pusat Seismologi Eropa-Mediterania melaporkan 6,0 SR. Gempa melanda pada kedalaman antara 2 dan 10 kilometer. Gempa besar di Provinsi Duzce menewaskan sekitar 800 orang pada 1999, yang didahului gempa bumi lain di dekat Provinsi Kocaeli pada tahun yang sama yang menewaskan 17.000 orang. Pejabat lokal mengatakan sebagian besar bangunan yang hancur atau rusak akibat gempa pada 1999 dibentengi ketika dibangun kembali. Langkah itu mungkin telah membantu mengurangi kerusakan pada guncangan Rabu hari ini. sin, ins

Related posts

Bupati Sidoarjo: Kami Bangga SKCK Online dan SKCK Keliling Masuk Top 5 OAPSI KIPP 2022

redaksiWD

34 Kabupaten/Kota di Jatim Masuk Level 1

redaksiWD

Khofifah Raih Lencana Kehormatan Kepala Daerah Pemimpin Perubahan dari LAN RI

redaksiWD