wartadigital.id
Manca

Hamas Terima Resolusi Gencatan Senjata PBB

Reuters
Pejabat senior Hamas Sami Abu Zuhri

 

GAZA (wartadigital.id) – Hamas menerima resolusi gencatan senjata Dewan Keamanan PBB dan siap bernegosiasi mengenai rinciannya, menurut pejabat senior Hamas Sami Abu Zuhri kepada Reuters, Selasa (11/6/2024).

Dia menambahkan, terserah pada Washington untuk memastikan Israel mematuhi resolusi tersebut. Abu Zuhri menegaskan, Hamas menerima resolusi Dewan Keamanan PBB mengenai gencatan senjata, penarikan pasukan Israel dan pertukaran tawanan perang dengan tahanan yang ditahan Israel. “Pemerintah AS menghadapi ujian nyata dalam menjalankan komitmennya dalam memaksa pendudukan untuk segera mengakhiri perang dalam implementasi resolusi Dewan Keamanan PBB,” ungkap Abu Zuhri.

Pada Senin (10/6/2024), Dewan Keamanan PBB mengadopsi resolusi yang mendukung proposal gencatan senjata Gaza yang diumumkan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. Resolusi tersebut, yang dirancang Amerika Serikat, mendapat 14 suara setuju dari 15 anggota Dewan Keamanan, dan Rusia abstain.

Dinyatakan bahwa Israel telah menerima usulan Biden dan menyerukan Hamas melakukan hal yang sama dan menerapkannya. Resolusi tersebut juga mendesak kedua belah pihak sepenuhnya melaksanakan ketentuan proposal tanpa penundaan dan tanpa syarat.

Dinyatakan bahwa Israel telah menerima usulan Biden dan menyerukan gerakan Perlawanan Palestina, Hamas, untuk melakukan hal yang sama dan menerapkannya.

Tel Aviv selama ini telah gagal mematuhi semua resolusi gencatan senjata PBB sebelumnya. Termasuk yang terbaru pada Maret, Tel Aviv juga tidak mematuhi keputusan Mahkamah Internasional (ICJ) untuk menghentikan tindakan genosida di Gaza dan “segera menghentikan” operasinya di kota paling selatan di Jalur Gaza, Rafah.

Serangan militer Israel telah menewaskan lebih dari 36.700 warga Palestina dan melukai lebih dari 83.000 lainnya, menurut Kementerian Kesehatan di Gaza. Genosida Israel menurut PBB juga telah menghancurkan sekitar 80% bangunan di Gaza dan membuat dua juta dari 2,3 juta penduduk Jalur Gaza terpaksa mengungsi. sin, rtr

Related posts

Tiongkok Kembali Dilanda Wabah Virus Covid Varian Baru Terburuk Setelah Wuhan

redaksiWD

Warganya Terluka Akibat Kerusuhan, Tiongkok Ajukan Protes ke Prancis

redaksiWD

Kasus Covid-19 Kembali Meningkat, Malaysia Anjurkan Pemakaian Masker

redaksiWD