wartadigital.id
Headline Surabaya

HUT ke-78 Kemerdekaan RI, Khofifah Bangun Optimisme Jatim Terus Maju dan Melaju

Gubernur Khofifah didampingi Wagub Emil Elestianto Dardak menyerahkan Penghargaan Jer Basuki Mawa Beya Emas, Kamis (17/8/2023).

 

SURABAYA (wartadigital.id) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatakan optimismenya bahwa Provinsi Jawa Timur akan terus maju dan melaju menuju Indonesia Emas 2045. Optimisme tersebut sejalan dengan tema peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI yakni ‘Terus Melaju Untuk Indonesia Maju’.

“Kita optimistis Jatim terus maju dan melaju menuju Indonesia Emas 2045. Dimana SDM, khususnya generasi muda kita unggul. Kualitas harapan hidup dan PDRB kita cukup  tinggi . Kebudayaan dan keunggulan teknologi kita juga tidak kalah dengan  negara ASEAN,” kata Khofifah usai menjadi Inspektur Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (17/8/2023).

Ia menekankan, dengan membangun optimisme untuk terus maju dan melaju menuju Indonesia Maju, maka masyarakat akan memiliki kesepahaman untuk menyatukan gerak menuju arah dan tujuan yang sama agar terwujud Indonesia Emas 2045.

“Jatim Terus Maju dan Melaju menjadi gambaran bahwa kita tidak pernah berhenti bergerak dan berjuang untuk mewujudkan cita-cita Bangsa ini. Mari kita terus bergerak, bersemangat, dan mencurahkan segala daya upaya mencapai Indonesia Emas 2045,” katanya.

Menurutnya, tema HUT ke-78 Kemerdekaan RI ‘Terus Melaju Untuk Indonesia Maju’ memiliki makna dan konteks yang sangat kuat dan mendalam. Terus melaju ini berarti segenap lapisan masyarakat harus istiqomah melihat dan menyongsong tujuan ke arah masa depan.

“Tak usah terlalu risau masa lalu. Jadikan masa lalu sebagai pelajaran dan kita menatap ke depan dengan kecepatan tinggi. Kalau kita konsisten melanjutkan pembangunan dan capaian. Itu semua untuk tujuan Indonesia maju,” katanya.

Lebih lanjut, Khofifah mengaku bersyukur,  Bangsa Indonesia dan Pemprov Jawa Timur memasuki era baru dengan laju perkembangan sangat baik di berbagai bidang. Apalagi, Indikator Kinerja Utama (IKU) Provinsi Jatim di berbagai bidang sangat baik, bahkan beberapa juga terbaik di Indonesia.

Untuk itu, ia mengajak segenap jajaran ASN di lingkungan Pemprov Jatim untuk melanjutkan laju kemajuan ini dengan perbaikan kultur kerja dan perbaikan sistem kerja yang berkelanjutan.

“Kepada seluruh jajaran ASN Pemprov Jatim. Mari kita tingkatkan persatuan, kesatuan kata, hati dan perbuatan, mengejar prestasi tertinggi dan capaian prestasi yang paling baik se-Indonesia,” tegasnya.

Di akhir, Gubernur Khofifah menyampaikan terimakasih atas kerjasama dan support seluruh pihak yang mendukung terwujudnya berbagai kemajuan pembangunan di Jatim. Diantaranya, pada jajaran Forkopimda Jatim yaitu Pangdam V Brawijaya, Kapolda Jatim, Kajati Jatim, Ketua DPRD Jatim, Panglima Komando Armatim. Sekaligus, juga jajaran Pimpinan Wilayah BI, OJK dan pimpinan instansi vertikal lainnya.

Berlangsung Khidmat dan Meriah

Upacara detik-detik Proklamasi di Gedung Negara Grahadi berlangsung khidmat.  , juga dimeriahkan penampilan seni dan budaya seperti Jember Fashion Carnaval (JFC), Gelar Tari Gayatri Putri Pertiwi dan Karawitan dari Sekolah Kesenian Wilwatikta Surabaya, serta penampilan Drumb Band SMAN 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur.

Antusiasme masyarakat juga sudah terlihat sejak pagi. Total 1.100 kuota disiapkan bagi masyarakat yang ingin datang mengikuti upacara detik-detik Proklamasi dan penurunan Bendera di Grahadi.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Khofifah didampingi Wagub Emil juga menyerahkan Penghargaan Jer Basuki Mawa Beya Emas yang diberikan berdasarkan SK Gubernur Jatim No.188/392/KPTS/013/2023 tanggal 16 Agustus 2023.

Di antaranya, kepada Kabinda Jatim Brigjen Fahmi Suderman, Kalanti Dr H Kresna Menon SH, MHum, Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia Jatim Drh Deddy Fachruddin Kurniawan, Ketua Ikatan Paramedik Veteriner Indonesia Jatim Effendy, Seniman Ludruk Cak Kartolo, Pemilik Perusahaan pembuat Batik Ciprat Kinasih Edy Cahyono.

Turut hadir pada kegiatan ini, antara lain Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak, Ketua TP PKK Jatim Arumi Bachsin Emil Dardak, Sekdaprov Jatim, jajaran Forkopimda Jatim, Konjen Kehormatan negara-negara sahabat, jajaran Kepala OPD di lingkup Pemprov Jatim, para veteran dan perwakilan organisasi masyarakat. pri

Related posts

Diluncurkan Jokowi, Khofifah Optimistis Food Estate Mangga di Gresik Ungkit Kesejahteraan Petani

redaksiWD

Gelar TENNOVEX 2023, ITS Hadirkan Inovasi Terbaik untuk Indonesia

redaksiWD

Update Gempa Cianjur: Korban Tewas Bertambah Jadi 162 Orang, Mayoritas Anak-anak

redaksiWD