wartadigital.id
Headline Kesehatan Lifestyle

Ini Tips Pengobatan Rhinitis di Rumah

 

Makanan empat sehat lima sempurna memiliki komposisi yang sangat baik dalam menjaga daya tahan tubuh.

 

SURABAYA (wartadigital.id)  – Selama pandemi Covid-19 berlangsung, masyarakat semakin takut dan enggan untuk mengunjungi rumah sakit maupun fasilitas kesehatan lainnya. Tidak sedikit pasien dengan penyakit kronis seperti rhinitis alergi menunda perawatan mereka di rumah sakit. Hal ini tentunya akan semakin memperburuk kondisi kesehatan mereka. Melihat hal tersebut, penting bagi penderita rhinitis alergi untuk dapat melakukan perawatan mandiri di rumah guna menstimulasi daya tahan tubuh sehingga dapat menekan pertumbuhan sel alergi.

 

dr Rosa Falerina Sp THT-KL, Dosen Spesialis Telinga Hidung Tenggorok Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) menyampaikan bila rhinitis alergi tidak mendapatkan perawatan dengan benar maka akan mengganggu aspek kognitif penderita, sehingga mereka tidak dapat menjalankan fungsinya baik dalam pekerjaan maupun pendidikan.

“Rhinitis alergi bila derajatnya sedang hingga berat itu bisa mengganggu sekolah atau kerja. Maka dari itu penderita rhinitis sering marah dan kesal karena penyakitnya yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari,” jelas dosen asal Surabaya itu, Kamis (2/9/2021).

Selanjutnya, dosen yang akrab dipanggil Rosa itu mengemukakan, orang dengan rhnitis alergi sering mengalami pilek pada pagi atau sore hari terutama apabila sedang terpapar dengan penyebab alergi seperti debu dan bulu binatang. Selain pilek, penderita juga mengalami rasa gatal pada mata, telinga, hidung, dan langit-langit mulut.

“Kalau penderita lagi menyapu rumah, kemudian ada debu masuk ke hidung, dia akan langsung bersin-bersin dan pilek,” ungkap dosen yang semasa kecil juga menderita rhinitis alergi itu.

dr Rosa Falerina Sp THT-KL

Lebih lanjut dr Rosa mengungkapkan perawatan penyakit rhinitis alergi dapat dilakukan di rumah jika memang gejala yang dialami tidak terlalu parah. Perawatan yang bisa dilakukan yaitu dapat dengan cara

Rajin Mencuci Hidung

Penderita dianjurkan rajin mencuci hidung dengan regimen cuci hidung yang sesuai, paling umum yang dipakai adalah larutan NaCl. Larutan tersebut digunakan dua sampai tiga kali dalam satu hari pada kedua lubang hidung. Mencuci hidung ini berfungsi untuk membersihkan dan melembabkan rongga hidung hingga mencegah infeksi pada saluran pernapasan.

“Cara pengaplikasiannya yaitu dengan posisi duduk, kemudian kita semprotkan satu spray di hidung kanan dan satu spray di hidung kiri, lalu kita bersihkan pelan dengan tisu,” ungkapnya.

Menjauhi Penyebab Alergi

Rhinitis alergi disebabkan adanya kelainan respons sistem imun terhadap zat pemicu alergi atau alergen. Sehingga penting bagi penderita untuk mengetahui penyebab alergi yang dialaminya, sehingga dapat menghindari sumber penyebab alergi. “Terdapat beragam alergen yang bisa memicu reaksi sistem kekebalan tubuh jika terhirup, di antaranya yaitu debu dan bulu hewan,” tandasnya.

Makan-makanan Bergizi

Menurut dr Rosa, makanan empat sehat lima sempurna memiliki komposisi yang sangat baik dalam menjaga daya tahan tubuh. Kandungan gizi tersebut sangat perlu untuk tubuh karena dapat menyebabkan sel-sel beregenerasi dengan cepat sehingga dapat melawan sel alergi.

“Kita tidak bisa menghilangkan sel alergi dalam tubuh, karena itu sifatnya menurun dari orang tua, yang bisa kita lakukan adalah menekan sel alergi itu dengan cara menjaga daya tahan tubuh,” jelasnya.

Konsumsi Vitamin C

Gejala rhinitis seperti hidung berair dan bersin yang sulit berhenti seringkali merepotkan penderitanya. Dengan mengonsumsi vitamin C dapat berguna untuk meningkatkan sistem imun. Tidak hanya itu, vitamin C juga merupakan antihistamin alami yang dapat digunakan untuk mengatasi alergi. “Rhinitis dapat diatasi dengan mengonsumsi vitamin, utamanya adalah vitamin C yang juga merupakan antihistamin alami,” paparnya.

Olahraga Teratur

Pasien dengan rhinitis memiliki daya tahan tubuh kurang baik dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki alergi, sehingga salah satu cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah olahraga ringan dengan teratur selama 15-20 menit. “Olahraga juga tidak boleh kelelahan ya, cukup 15-20 menit saja. Karena kalau kelelahan akan mengakibatkan daya tahan tubuh malah menurun,” tutupnya. rya

Related posts

Capaian di Bawah 20%, Pangdam Brawijaya Pantau Vaksinasi di Situbondo

redaksiWD

Dispendik Surabaya Serahkan Mekanisme Penilaian Ujian Kelulusan Siswa kepada Sekolah

redaksiWD

Pasca Diresmikan, Dishub Kota Surabaya Rekayasa Lalu Lintas di Jembatan Sawunggaling

redaksiWD