wartadigital.id
Headline Teknologi

Katapel MAYA 2021, LINE Sticker Ikut Berikan Pelatihan IP Kreatif

LINE Creators Market telah memiliki 200 ribu kreator yang terdaftar dengan total jumlah lebih dari 2 juta stiker, 80 ribu di antara nya adalah hasil karya anak bangsa.

 

​JAKARTA (wartadigital.id) –  LINE Indonesia melalui salah satu layanan miliknya, LINE Stickers, berpartisipasi dalam ajang Katapel MAYA 2021 memberikan pelatihan IP kreatif bagi para kreator di Indonesia. Diselenggarakan oleh Danumayadipa dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Katapel Maya 2021 merupakan sebuah program workshop singkat yang diperuntukkan para kreator IP kreatif dengan tujuan meningkatkan wawasan dan pengetahuan dalam industri IP.

LINE Indonesia diwakili oleh Trisnia Anchali, Chief Commercial Officer (CCO), menjelaskan manfaat LINE Creators Market yang bisa digunakan oleh para kreator di Tanah Air untuk mengembangkan IP bisnis mereka. Program ini merupakan salah satu program unggulan Kemeparekraf dalam mendorong percepatan industri ekonomi kreatif.

“Ekosistem LINE Stickers memungkinkan kreator untuk dapat memperkenalkan karyanya ke masyarakat luas baik di Indonesia maupun luar negeri serta memungkinkan mereka untuk mendapatkan penghasilan,” tutur Trisnia Anchali, Chief Commercial Officer, LINE Indonesia dalam keterangan resmi, Senin (6/9/2021).

Dijelaskan Trisnia, saat ini keberadaan profesi kreator menjadi sebuah profesi yang menjanjikan. LINE Creators Market memungkinkan sebuah karya dapat dijual ke pasar Indonesia dan luar negeri. Tahilalats dan Milk & Mocha adalah contoh dari dua kreator yang sukses memasarkan stiker karya mereka di beberapa negara seperti Thailand dan Taiwan dan diadaptasi sesuai dengan bahasa lokal negara tersebut.

Pada Katapel MAYA 2021 ini, Anchali juga berbagi tips dan trik bagaimana sebuah karya kreator bisa memiliki kesempatan yang lebih luas untuk dikenal masyarakat. Selain itu, pemanfaatan LINE Creators Market sebagai wadah kreatif para kreator bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Sejak  2018 lalu, LINE Stickers bekerjasama dengan KATAPEL dan Kemenparekraf untuk melakukan pelatihan mengenai IP guna memberikan edukasi kepada para kreator.

Beberapa kreator yang memiliki prestasi kemudian akan mendapatkan pelatihan lanjutan. Pencarian kreator berbakat secara mandiri pun dilakukan untuk mencari karya-karya terbaru. Beberapa kompetisi LINE Stickers juga pernah diadakan bekerjasama dengan LINE CREATIVATE. Hasil karya para kreator ini pun mendapatkan eksposur di dalam aplikasi LINE sendiri.

LINE Creators Market telah memiliki 200 ribu kreator yang terdaftar dengan total jumlah lebih dari 2 juta stiker, 80 ribu di antara nya adalah hasil karya anak bangsa. Kesempatan untuk mendapatkan perhatian, pendapatan, dan kerjasama dengan berbagai merek pun dapat dilakukan.  Beberapa kreator andal di Indonesia telah bekerjasama dengan berbagai brand terkenal seperti Alfamart, Dominos Pizza, Microsoft, H&M, dan lain sebagainya.

LINE Creators Market menjadi oase bagi para kreator stickers yang berkeinginan untuk mengembangkan IP mereka ke bidang-bidang lain yang lebih luas. Dalam perkembangannya, LINE Stickers merupakan gambar statis di awal kehadirannya, kemudian berkembang dengan efek animasi, memiliki suara, pop up, hadir dalam berbagai ukuran dan custom/ text sticker. LINE Stickers bekerjasama dengan beberapa pemegang lisensi internasional seperti Disney, Nickelodeon, Cartoon Network, Warner Music, dan lain-lain.

Di LINE Creators Market, banyak hasil karya Indonesia yang juga diminati di kancah Internasional, beberapa bahkan masuk dalam top rank. Kegiatan monetisasi tersebut sangat mungkin dilakukan melalui LINE Creators Market karena para kreator tersebut dapat memilih sendiri negara mana yang dituju untuk memasarkan karya mereka.

“Melihat perkembangan pasar digital yang semakin cepat, melakukan kegiatan seni dengan menggunakan platform ini menjadi sebuah pekerjaan yang menjanjikan, dan LINE memiliki komitmen untuk terus dapat membantu proses tersebut,” tutup Anchali. nti

Related posts

Maret 2021, Ekspor Jatim Tembus 2 Miliar Dolar AS

redaksiWD

Perpanjangan PPKM Darurat, Ini Sejumlah Langkah Preventif Pemkot Surabaya

redaksiWD

Thailand Bebaskan Petani Bebas Tanam Ganja untuk Pengobatan di Thailand

redaksiWD