wartadigital.id
Headline Sidoarjo

Kenalkan B2SA, TP PKK Sidoarjo Gelar Lomba Cipta Menu Non Beras dan Terigu

Suasana lomba Cipta Menu Berbahan Non Beras dan Terigu dan hasil kreasi masakan para peserta.

 

SIDOARJO (wartadigital.id) – Dalam upaya mendukung program Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) TP PKK Kabupaten Sidoarjo bekerjasama dengan Dinas Pangan dan Pertanian setempat mengadakan lomba Cipta Menu Berbahan Non Beras dan Terigu.

Ketua TP PKK Kabuapten Sidoarjo Sa’adah Ahmad Muhdlor mengatakan dengan konsumsi pangan yang berkualitas dan beragam, dapat mengatasi masalah gizi ganda yaitu kekurangan dan kelebihan gizi yang selama ini terjadi. “Salah satu masalah kekurangan gizi yang saat ini tengah menjadi perhatian Pemkab Sidoarjo adalah stunting. Stunting ini disebabkan oleh faktor multi dimensi dan tidak hanya disebabkan oleh faktor gizi buruk yang dialami oleh anak balita maupun remaja puteri, namun juga terhadap ibu hamil,” ucapnya dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu (2/8/2023).

Ning Sasha juga menambahkan, makanan yang beragam ini juga penganekaragaman pangan ini juga mampu menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.

“Dalam lomba ini, kami menekankan untuk pengolahan karobohidrat tidak hanya berasal dari beras saja, namun juga ada mbote, jagung, labu dan masih banyak lainnya yang perlu kita kenalkan kepada anak-anak kita,” ucapnya.

Lomba Program B2SA ini bertujuan untuk mengajak masyarakat Sidoarjo lebih peduli akan gizi dan kesehatan keluarga. Setiap peserta diberi kesempatan untuk mengemukakan ide dan program kreatif yang dapat diterapkan dalam memperkuat gizi beragam, bergizi, seimbang, dan aman di rumah tangga mereka.

“Kami sangat senang melihat antusiasme masyarakat Sidoarjo dalam mengikuti lomba ini. Semoga ide-ide kreatif dari peserta dapat menginspirasi kita semua untuk menjalankan program B2SA ini dengan serius dan berkesinambungan,” tambah Ning Sasha.

Pada lomba ini, mendatangkan dewan juri dari Universitas Surabaya, Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo serta dari Tim PKK Sidoarjo.

Para peserta lomba menampilkan beragam ide kreatif dan inovatif, mulai dari cara memanfaatkan lahan pekarangan untuk bertanam sayur hingga menciptakan hidangan khas berbahan pangan lokal dengan nilai gizi tinggi.

Selain lomba kreasi masakan, para peserta yang terdiri dari anggota PKK se-Kabupaten Sidoarjo juga mengikuti lomba vlog dan lomba yel-yel program B2SA.

Dengan adanya kegiatan semacam ini, diharapkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pola makan B2SA akan semakin meningkat. Selain itu, kerjasama antara TP PKK Kabupaten Sidoarjo dan Dinas Pertanian menjadi contoh sinergi positif dalam upaya mencapai gizi yang lebih baik dan kesejahteraan keluarga di Kabupaten Sidoarjo. sis

 

Berikut Pemenang Lomba Cipta Menu :

Juara 1 Nomor urut 15 dari Kecamatan Sedati

Juara 2 Nomor urut 5 dari Kecamatan Wonoayu

Juara 3 Nomor urut 10 dari Kecamatan Taman

Juara 4 Nomor urut 2 dari Kecamatan Candi

Related posts

Kunjungi PMI Sidoarjo, Wagub Emil Ajak Masyarakat Donor Plasma Konvalesen

redaksiWD

Bahlil Lapor Bareskrim Buntut Dituduh Pungli IUP Tambang

redaksiWD

Di Hadapan Global Forum of MUFPP, Wagub Emil Tekankan Pentingnya Ketahanan Pangan

redaksiWD