wartadigital.id
Headline Sidoarjo

Kondisi Rumah Memprihatinkan, Warga Bendotretek Segera Mendapat Bantuan Rehab

Wakil Bupati Sidoarjo Subandi SH beserta tim (Dinas Sosial dan Baznas) meninjau rumah Mianah (55), warga warga Desa Bendotretek, Kecamatan Prambon, Kamis (27/7/2023).

 

SIDOARJO (wartadigital.id) – Mianah (55), warga warga Desa Bendotretek, Kecamatan Prambon bisa bernafas lega karena rumahnya dikunjungi oleh Wakil Bupati Sidoarjo Subandi SH, beserta tim (Dinas Sosial dan Baznas) dalam rangka sidak rehab rumah, Kamis (27/7/2023).

Kondisi Mianah  memprihatinkan. Hidup sendiri dengan kondisi rumah yang sangat memprihatinkan. Plafon rumah yang terbuat dari anyaman bambu kondisinya sudah usang, sebagian besar sudah runtuh, dan sebagian ditopang dengan bambu. Atap rumah juga sudah using, beberapa  bagian pecah dan kayunya juga sudah rapuh.

“Bedah Rumah Ibu Mianah ini harus kita segerakan, karena kondisi kerusakan rumahnya sudah parah, bisa membahayakan penghuni rumah. Dikhawatirkan sewaktu – waktu atapnya bisa runtuh,” pintanya.

Subandi juga menginstruksikan kepada Baznas dan Kepala Desa untuk segera memproses kelengkapan rehab rumah ini. Dana rehab rumah dari Baznas sebesar Rp 20 juta. Untuk Dinsos dia meminta Mianah bisa dimasukkan BPJS Kesehatan dengan jaminan kesehatan gratis.

“Untuk pengerjaan rehab rumahnya, mohon kepala desa dan warga Desa Bendotretek ini bergotong royong, dipikul bersama. Kalau musim hujan tiba, Ibu Mianah sudah aman menempati rumah,” jelasnya.

Menurut Subandi, Bedah Rumah Tidak Layak Huni ini akan terus kita kawal. Penerima program rehab RTLH atau Bedah Rumah merupakan warga tidak mampu, kondisi tidak layak huni. Kemudian diusulkan, dan dilakukan survey lapangan. Rumah tersebut harus memiliki sertifikat kepemilikan, bukan rumah sewa/ kontrak lahan/rumah.

Program bantuan bedah rumah untuk masyarakat kurang mampu terus digulirkan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas),dengan persyaratan yang sudah ditentukan.

Sementara Mianah, kerjanya serabutan dengan penghasilan yang tidak tentu, kesulitan untuk memperbaiki rumah. Dia mengaku senang dan bersyukur atas bantuan bedah rumah dari Pemkab Sidoarjo. Apalagi ditambah bantuan jaminan kesehatan. sis

Related posts

Giliran Kuwait dan UEA Usir Dubes Lebanon

redaksiWD

Warga Nahdliyin Jatim Serahkan Koin Rp 2,9 Miliar untuk Muktamar ke-34 NU

redaksiWD

Bunda PAUD Sidoarjo Buka Bimtek Penguatan Kapasitas Bunda PAUD Tingkat Kecamatan

redaksiWD