wartadigital.id
Headline Manca

Korban Tewas Gempa Haiti 1.297 Orang, 5.700 Luka, 3.000 Rumah Hancur

Reuters
Sebuah mobil hancur tertimpa bangunan yang runtuh di Les Cayes setelah gempa magnitudo 7,2 mengguncang Haiti, Sabtu (14/8/2021).

 

PORT-AU-PRINCE (wartadigital.id)  – Korban tewas dalam gempa magnitudo 7,2 di Haiti melonjak menjadi 1.297 orang. Gempa dahsyat pada Sabtu lalu itu juga membuat rumah sakit kewalahan karena korban luka mencapai sekitar 5.700 orang.

Banyak bangunan hancur di negara Karibia tersebut. Jumlah korban tewas terbaru menunjukkan peningkatan dramatis dari sebelumnya 724 kematian yang dilaporkan sebelumnya pada hari Minggu. Banyak dari korban, termasuk sekitar 2.800 korban cedera, terjadi di barat daya Haiti, dekat pusat gempa.

Gempa bumi melanda bagian barat daya negara termiskin di belahan bumi itu, hampir meratakan beberapa kota dan memicu tanah longsor yang menghambat upaya penyelamatan di negara yang sudah berjuang dengan pandemi virus corona, pembunuhan presiden dan gelombang kekerasan geng.

Pusat gempa berada sekitar 125 kilometer sebelah barat ibu kota Port-au-Prince, kata Survei Geologi AS, dan gempa susulan terus mengguncang daerah itu pada Minggu (15/8/2021).

Badan Perlindungan Sipil, yang dikutip dari akun Twitter-nya, Senin (16/8/2021), mengatakan hampir 3.000 rumah hancur dan lebih dari 5.400 lainnya rusak.

Gempa tersebut melanda sekitar 60 mil sebelah barat dari gempa magnitudo 7,0 yang mengguncang Haiti pada 2010, menewaskan sebanyak 300.000 orang. Angka kematian dalam gempa tahun 2010 itu merupakan perkiraan pemerintah, yang dibantah oleh para peneliti independen.

Upaya penyelamatan dalam bencana terbaru dilaporkan terhambat oleh kerusakan jalan dan infrastruktur lainnya. Apalagi AP  melaporkan, kehancuran yang telah terjadi diperkirakan bisa segera memburuk dengan datangnya Badai Tropis Grace, yang diperkirakan akan mencapai Haiti pada Senin malam (16/8/2021) waktu setempat.

Pusat Badai Nasional AS memperingatkan bahwa meskipun Grace telah melemah akibat kekuatan badai tropis pada Minggu, badai itu masih menjadi ancaman untuk membawa hujan lebat, banjir, dan tanah longsor. riz, sin, ap

Related posts

Wabup Sampang Buka Media Gathering 2021 di Jambuluwuk Resort Batu

redaksiWD

Pencipta Shalawat Badar KH Ali Manshur Shiddiq Raih Penghargaan Jer Basuki Mawa Beya Emas

redaksiWD

Tiba di Indonesia, Panglima Militer Myanmar Min Aung Hlaing Dihadang Demo

redaksiWD