wartadigital.id
Headline Nasional

Muncul Situs Abal-abal PeduliLindungi, Kemenkominfo Minta Warga Waspada

Istimewa
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) meminta warga untuk mewaspadai situs PeduliLindungi palsu, termasuk pedulilindungiq.com.

 

JAKARTA (wartadigital.id)  – Saat ini muncul situs abal-abal alias palsu serupa PeduliLindungi. Terkait hal tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) meminta warga untuk mewaspadai situs PeduliLindungi palsu, termasuk pedulilindungiq.com.

“Situs pedulilindungiq.com merupakan situs palsu dan bukan situs yang digunakan Pemerintah dalam melakukan penanganan Covid-19,” ujar Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi melalui keterangan resminya, Rabu (6/10/2021).

Dia melanjutkan, seluruh isi dan informasi dalam situs pedulilindungiq.com tidak terkait dengan situs Pedulilindungi.id dan tidak berhubungan dengan upaya Pemerintah melakukan penanganan Covid-19 dalam bentuk apapun.

“Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melakukan pemutusan akses terhadap situs pedulindungiq.com yang menggunakan atribut logo, gambar, dan tema menyerupai situs pedulilindungi.id,” sambung Dedi.

Bahayanya lagi, situs pedulilindungiq.com yang menyerupai situs resmi PeduliLindungi juga mewajibkan pembayaran sebesar Rp 1.000.000 untuk pendaftaran vaksinasi Covid-19.

Sebagaimana diketahui, aplikasi PeduliLindungi dan situs pedulilindungi.id yang resmi tidak melakukan pemungutan biaya untuk keperluan apapun kepada para pengguna, termasuk untuk keperluan pendaftaran vaksin.

“Kementerian Kominfo mengimbau agar masyarakat hanya mengakses situs resmi pedulilindungi.id serta mengunduh aplikasi resmi PeduliLindungi yang tersedia di App Store dan Google Play Store. Kami juga mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap segala disinformasi terkait situs dan aplikasi palsu yang mengatasnamakan Aplikasi PeduliLindungi,” tandas Dedi.

Apabila masyarakat menemukan situs atau aplikasi lain selain Aplikasi PeduliLindungi yang resmi, Kementerian Kominfo meminta masyarakat untuk melakukan pelaporan ke aduankonten.id atau kanal-kanal aduan konten lain yang telah disediakan.  set, jpc

Related posts

Polisi Terbitkan DPO, Jozeph Paul Zhang Resmi Jadi Buronan

redaksiWD

Bakal Menikah dengan Teuku Ryan Akhir Tahun Ini

redaksiWD

350 Anggota PWI Jatim Bakal Pilih Ketua Baru ‪pada 17 November 2021

redaksiWD