wartadigital.id
Headline Nasional

Dua Kasus Mutasi Covid-19 dari Inggris Ditemukan di Indonesia

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono

JAKARTA (wartadigital.id)  – Mutasi Covid-19 strain B177 dari Inggris sudah ada di Indonesia. Kementerian Kesehatan mencatat hingga kini ada dua kasus pertama dari mutasi B117 sehingga tantangan penanganan Covid-19 akan semakin berat ke depannya.

“Ada berita yang saya terima dari 1 tahun kita melakukan refleksi. Kalau satu tahun yang lalu kita menemukan kasus 01 dan 02 Covid-19. Tadi malam saya mendapatkan informasi bahwa  tepat 1 satu tahun hari ini, kita menemukan mutasi B117 UK mutation di Indonesia,” ungkap Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono dalam 1 Tahun Pandemi Covid-19: Inovasi Indonesia untuk Indonesia Pulih Pasca Pandemi, Selasa (2/3/2021).

Dante mengatakan, ada dua kasus Covid-19 dengan mutasi B117 di Indonesia. Sehingga, tegas Dante, pandemi Covid-19 di Indonesia yang dihadapi akan semakin berat. “Ini fresh from the oven, baru tadi malam ditemukan 2 kasus. Artinya apa? Artinya kita akan menghadapi pandemi ini dengan tingkat kesulitan yang semakin berat,” tegasnya.

Dante mengatakan, sekitar 462 sampel yang dicek dari seluruh Indonesia, ditemukan 2 kasus tadi malam. “Dari 462 yang sudah kita cek di seluruh Nusantara beberapa bulan ini, kita sudah menemukan 2 kasus tadi malam,” tuturnya.

Sehingga, kata Dante, refleksi satu tahun Covid-19 menjadi tantangan dalam mengembangkan proses penelitian dan riset dalam menangani pandemi ini harus lebih dipercepat. “Dan refleksi itu akan membuat tantangan baru kita ke depan untuk mengembangkan proses-proses yang berkaitan dengan riset yang semakin cepat. Model-model penanganan yang lebih baik dan studi-studi epidemiologi secara analitik karena proses mutasi ini sudah ada di sekitar kita,” tegas Dante. ren, sin

Related posts

Pemprov Jatim, TNI, Polri Bantu Posko Pengetatan PPKM Mikro di 8 Desa Prioritas di Bangkalan

redaksiWD

Bangun Academic Writing Center, Unair Terima Hibah dari Kedubes Amerika Serikat

redaksiWD

Polda Jatim Perluas Tilang Elektronik di 55 Titik

redaksiWD