wartadigital.id
Gresik Headline

OPOP Expo 2021 di Gresik Resmi Dibuka

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Jatim Jumadi mewakili Gubernur Jatim saat membuka OPOP Expo 2021 di Icon Mall Gresik, Jumat (26/11/2021).

 

GRESIK (wartadigital.id) – Pagelaran OPOP (One Pesantren One Product) Expo 2021 secara resmi dibuka, Jumat (26/11/2021). Acara yang digelar selama tiga hari di Icon Mall Gresik itu dibuka oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Jatim Jumadi, mewakili Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Jumadi mengatakan, OPOP Expo ini menjadi momentum bahwa di Icon Mall Gresik ini ada sesuatu yang ditampilkan teman-teman dari pondok pesantren (ponpes). “Tentunya produk yang dipamerkan dan dijual ini yang berkualitas dan juga sudah disaring serta ikut kompetisi OPOP,” katanya.

Ia memaparkan, potensi ekonomi ponpes di Jawa Timur mencapai 24,35 persen terhadap nasional. “Ini kekuatan yang luar biasa. Kekuatan OPOP di Jawa Timur ini akan membina potensi dari  ponpes untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Jatim dan nasional,” harapnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jatim Andromeda Qomariyah, selaku Ketua Harian OPOP Jatim menjelaskan rangkaian acara OPOP Expo 2021. Pada hari pertama usai pembukaan akan digelar Seminar OPOP Smart Pesantren dengan mengahdirkan pembicara dari Bank Indonesia dan Ponpes Sidogiri Pasuruan. Dilanjutkan dengan festival kopi dan hadrah banjari.

Hari kedua digelar talkshow pembiayaan, workshop aplikasi santri, sosialisasi halal self declair, dan klinik bisnis manajemen. Pada hari ketiga atau terakhir akan digelar lomba mewarnai, literasi keuangan syariah, festival franchise, dan penutupan yang akan dilakukan oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

“Pada saat penutupan akan ada seremoni ekspor virtual produk dari Ponpes Pomosda Nganjuk oleh Ibu Gubernur. Dilanjutkan penandatanganan perjanjian kerjasama dan penyerahan penghargaan,” jelasnya.

Adapun penghargaan diberikan kepada Bupati atau Walikota yang mendukung OPOP dan OPD inovatif yang mengembangkan program OPOP. Selain itu, diserahkan pula hadiah Kompetisi Bisnis Pesantrenpreneur dan Sosiopreneur, OPOP Awards dan penyerahan hadiah Lomba Cover Syubbanul Wathon. Gubernur juga direncanakan melaunching program OPOP AKADEMI dan aplikasi OPOP INI AJA.  tra

Related posts

Lapas Tuban Deklarasikan Perang Penyalahgunaan Halinar

redaksiWD

Vaksinasi Masyarakat Maritim di Lingkungan Pelindo III Capai 20 Ribu Orang

redaksiWD

Berlaku Hari Ini, Jatim Perpanjang PPKM Mikro

redaksiWD