wartadigital.id
Ekbis Headline

PDS Raih Zero Accident Award Empat Tahun Berturut-turut

Penghargaan Zero Accident yang diterima PDS diberikan dalam bentuk piagam dan plakat yang ditetapkan melalui Surat Keputusan Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia.

 

SURABAYA (wartadigital.id) –  Komitmen PDS untuk patuh pada undang-undang Ketenagakerjaan mendapatkan apresiasi dari Kementerian Ketenagakerjaan RI. Apresiasi tersebut berupa Zero Accident Award atau penghargaan nihil kecelakaan, adalah penghargaan yang diberikan untuk manajemen perusahaan yang telah berhasil dalam melaksanakan  program Keselamatan dan Kesehatan Kerja sehingga mencapai nihil kecelakaan.

Penghargaan Zero Accident diberikan dalam bentuk piagam dan plakat yang ditetapkan melalui Surat Keputusan Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia. Untuk dinyatakan memenuhi syarat, manajemen perusahaan harus memenuhi paling sedikit 300.000 jam tanpa terjadinya insiden yang dapat menghilangkan jam kerja selama empat tahun berturut-turut. PDS dinyatakan berhak untuk mendapatkan Zero Accident Award setelah mencapai 777.584 jam tanpa insiden, terhitung sejak 1 Januari 2016 sampai 31 Oktober 2022.

“PDS telah meraih Zero Accident Award selama empat tahun berturut-turut, pertama kali pada tahun 2020. Hal ini merupakan salah satu bukti kerja keras dan komitmen perusahaan untuk selalu patuh pada peraturan Ketenagakerjaan,” ujar Direktur PDS Sumargo, Senin (7/8/2023).

Untuk mencapai prestasi tersebut, PDS secara rutin menyelenggarakan safety briefing dan management walkthrough untuk meningkatkan kewaspadaan dari seluruh pihak yang terlibat dalam proses bisnis atas pentingnya budaya K3. Setidaknya, dalam satu bulan dilaksanakan paling sedikit 4 kali management walkthrough dan sharing session bertema K3 yang dihadiri oleh pihak PDS, pengguna jasa, dan para pekerja.

“Kami memahami pentingnya untuk menginvestasikan tenaga dan waktu untuk peningkatan kualitas penerapan K3. Kami pastikan seluruh karyawan telah menerima dan menggunakan APD sesuai dengan kualifikasi yang mereka butuhkan di lapangan. Yang paling penting adalah karyawan kami bisa bekerja dengan aman, sehat, serta pulang ke keluarganya dalam kondisi selamat,” tutup Sumargo.

Untuk diketahui PT Pelindo Daya Sejahtera (PDS) merupakan anak perusahaan dari PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang bergerak dalam bidang penyediaan tenaga alih daya dan pemborongan, asesmen, pelatihan, konsultasi dan layanan pendukung bisnis. Dengan jumlah pekerja mencapai lebih dari 13.000 orang, area kerja PT PDS tersebar di 32 provinsi. PDS telah memperoleh sertifikat mutu ISO 9001:2015 sebagai quality management system perusahaan, sertifikasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan ISO 37001:2016 (SMAP) dan menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) serta telah memperoleh penghargaan Zero Accident Award dari Kemenaker RI dan Disnakertrans Provinsi Jawa Timur. ike

 

Related posts

Khofifah Siap Wujudkan Pengembangan Budidaya Anggrek Jatim untuk Ekspor

redaksiWD

Gus Muhdlor Instruksikan Pemdes Transparan Kelola APBDes

redaksiWD

Kedepankan Penertiban Humanis, Satpol PP Surabaya Bantu Warga Pindahan dari Tanah Aset Wonorejo Timur

redaksiWD