wartadigital.id
Headline Surabaya

Pemprov Jatim Raih Penghargaan Merdeka Awards 2023 Program Desa Wisata

Salah satu Desa Wisata di Jatim yang mendapat penghargaan dalam Festival Dewi Cemara Jatim 2022.

 

SURABAYA (wartadigital.id)  – Pemprov Jatim mendapatkan penghargaan kategori Program Desa Wisata pada ajang Merdeka Awards 2023 yang diselenggarakan merdeka.com di Auditorium SCTV Tower Lantai 8 Jl. Asia Afrika, Jakarta Pusat, Rabu (30/8/2023).

Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi pada Pemprov Jatim yang telah melakukan berbagai inovasi maupun terobosan dalam pengembangan program Desa Wisata dan menjadikannya terbaik se-Indonesia.

Penghargaan tersebut diserahkan kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Prov Jatim Benny Sampirwanto.

Atas penghargaan ini, Gubernur Khofifah menyampaikan apresiasi kepada Tim Merdeka Awards 2023. Sekaligus terima kasih atas keterlibatan semua pihak yang mendukung inovasi dalam program pengembangan Desa Wisata. Mulai dari kepala desa, pendamping desa, pegiat desa wisata hingga seluruh masyarakat desa di Jatim.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras dalam pengembangan Desa Wisata di Jawa Timur. Penghargaan ini tentunya akan menjadi pemicu semangat untuk makin memajukan keberadaan Desa Wisata,” kata Gubernur Khofifah, Jumat  (1/9/2023).

Dijelaskan penghargaan ini akan terus mendorong semangat Pemprov Jatim dalam melahirkan inovasi-inovasi baru  agar potensi Desa Wisata di Jatim semakin meningkat.

Adapun pada ajang ini, Pemprov Jatim berhasil mendapatkan prestasi terbaik berdasarkan beberapa program desa wisata. Pertama, Program Kreatif Pendukung Desa Wisata diantaranya, Akademi Desa Wisata (Demi Dewi), Zona KIP, dan Program One Village One CEO.

Kedua, Program Inovatif Berbasis Digital yaitu Virtual Tour lewat website eastjava.travel. Ketiga, Keterlibatan Aktif Masyarakat lewat Taruna Budaya. Keempat, Kontribusi Ekonomi Hingga Pelestarian Lingkungan Melalui Program Desa Wisata Halal di Kawasan Pesisir Jawa Timur. Kelima, Program Peningkatan Kunjungan Wisatawan melalui Majapahit Travel Fair (Bursa Pariwisata), Festival Desa Wisata Rakyat Cerdas Mandiri dan Sejahtera (Dewi Cemara), serta video kreatif.

Dikatakannya, pengembangan Desa Wisata menjadi hal penting yang konsisten dilakukan Jatim guna menciptakan multiplier effect yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.
“Dengan terus menciptakan terobosan baru pada Desa Wisata dan memicu munculnya Desa Wisata baru, ini akan memberikan dampak pada peningkatan UMKM serta bagi masyarakat sekitar,” katanya.

Khofifah menambahkan, perolehan penghargaan ini juga beriringan dengan meningkatnya jumlah desa mandiri yang ada di Jatim. Berdasarkan pemutakhiran Indeks Desa Membangun (IDM) 2023, Jatim dinobatkan sebagai provinsi dengan Desa Mandiri terbanyak se-Indonesia.

“Saat ini jumlah Desa Mandiri di Jatim sebanyak 2.800 desa, 3.674 desa maju, dan 1.247 desa dengan status berkembang. Inilah yang jadi pengungkit semangat kami untuk terus membuat inovasi pengembangan desa wisata,” ujarnya.

Di akhir, Khofifah mengharapkan seluruh komitmen kepala daerah beserta jajaran terkait, hingga di level Kepala Desa serta masyarakatnya agat terus mengembangkan desa wisata. Sebab Jatim punya banyak potensi wisata kelas dunia dan juga menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara.

Sebagai informasi, Merdeka Awards adalah sebuah ajang penghargaan dan apresiasi kepada mereka yang telah memberikan sumbangsih bagi kemajuan negeri dan kemanusiaan. Tahun ini merupakan ketiga kalinya merdeka.com menyelenggarakan acara penghargaan tersebut.

Di mana pada ajang penghargaan ini memperlombakan sebanyak enam kategori penghargaan. Ke-enam kategori penghargaan tersebut ialah Program Penguatan Ekspor Daerah, Program Desa Wisata, Program Reformasi Birokrasi, Program Inovatif Pendampingan UMKM, Program Inovatif untuk Negeri, dan Sosok Inspiratif untuk Indonesia.pri

 

 

Related posts

Bertemu 108 Mahasiswa Luar Daerah, Eri Cahyadi Kenalkan Surabaya

redaksiWD

Di Hadapan Jokowi, Khofifah Laporkan Kondisi dan Penanganan Covid-19 di Jatim Mulai Kondusif

redaksiWD

Gerakan Bogor Menggugat Istana, Mahasiswa Ultimatum Jokowi

redaksiWD