wartadigital.id
Jawa Timur Nasional

Pesan Bertuliskan Rakyat Sudah Mual Ditembakkan ke Gedung KPK

Tembakan laser ke Gedung KPK membentuk tulisan Rakyat Sudah Mual.

JAKARTA (wartadigital.id) –  Reaksi masyarakat atas sikon Tanah Air terus bergulir.  Kali ini aktivis yang tergabung dalam gerakan #BersihkanIndonesia kembali menggelar aksi di sekitar Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) , Senin (28/6/2021) malam. Mereka menembakkan laser bertuliskan sejumlah pesan ke bangunan gedung yang berlokasi di kawasan Rasuna Said Jakarta Selatan tersebut.

Tembakan laser itu membentuk tulisan: ‘Berani Jujur Pecat!’, ‘Mosi Tidak Percaya’, hingga ‘Rakyat Sudah Mual’.

Juru Bicara #BersihkanIndonesia dari Greenpeace Indonesia Asep Komaruddin, mengungkapkan aksi ini merupakan bentuk dukungan terhadap puluhan pegawai lembaga antirasuah yang dinonaktifkan pimpinan KPK usai dinilai tak lolos Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

“Sejumlah pesan terproyeksi di gedung KPK malam ini menyuarakan perjuangan keadilan bagi 51 pegawai KPK yang dinonaktifkan akibat dinyatakan tidak lulus TWK. Juga menyampaikan pesan untuk menyelamatkan lembaga antikorupsi ini dari cengkeraman oligarki,” ujar Asep, Senin (28/6/2021).

Aktivis menggunakan drone untuk aksi tembakan sinar laser ini. Mereka juga sering berpindah posisi untuk mengalihkan perhatian petugas keamanan KPK.

Asep mengatakan pihaknya menduga kuat TWK dalam rangka alih status pegawai KPK menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan usulan Ketua KPK Firli Bahuri. Ia juga menilai tes tersebut cacat prosedur lantaran pengadaannya terburu-buru dan pertanyaan dalam tes tak berkaitan dengan kerja-kerja pemberantasan korupsi.

“Bahkan, muncul asumsi bahwa tes ini memang sudah dirancang untuk menyingkirkan mereka yang vokal dan berintegritas. Juga mereka yang sedang menangani kasus-kasus besar seperti korupsi Bansos, e-KTP, dan buronan Harun Masiku,” kata Asep.

Sebelumnya, pada Senin (28/6/2021) pagi, mereka bersama sejumlah lembaga mahasiswa juga menggelar aksi teatrikal di halaman Gedung Dwiwarna KPK.

Para peserta aksi memakai baju putih bertuliskan sejumlah kasus korupsi mangkrak yang melibatkan aktor di partai politik. Adapun kasus korupsi dimaksud terdiri dari sektor pertambangan, kehutanan dan sumber daya alam, hingga korupsi bantuan sosial (bansos) Covid-19 dan izin ekspor benih lobster (benur).

Aksi gerakan #BersihkanIndonesia ini merupakan rangkaian dimulainya pekan melawan terhadap pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) yang mewarisi kematian KPK. set, cnn

Related posts

LaporCovid: Hal Keliru Memaknai Kasus Positif Covid-19 RI Turun

redaksiWD

KLB Demokrat Disorot Media Asing, Sebut Pembantu Presiden Jadi Pimpinan Oposisi

redaksiWD

Wamenag Buka Suara terkait Wacana Kenaikan Biaya Haji 2021

redaksiWD