wartadigital.id
Headline Nasional

PKS Tak Yakin Ahok Bakal Jadi Dirut Pertamina, Kiprahnya Bikin Kisruh

Istimewa
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

 

JAKARTA (wartadigital.id) – Spekulasi mengenai Komisaris Utama (Komut) Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok bakal menggantikan Nicke Widyawati sebagai Direktur Utama (Dirut) Pertamina, diyakini tidak akan terjadi.

Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto, meyakini spekulasi tersebut hanya sekadar isu belaka. Pasalnya, rekam jejak mantan Gubernur DKI Jakarta itu cenderung buruk. Terlebih, Ahok merupakan mantan narapidana kasus penodaan agama.

“Saya rasa Pemerintah tidak akan menetapkan hal itu. Ini hanya isu. Pemerintah kan paham, bagaimana kiprah beliau di DKI yang membuat kisruh dan menyudutkan umat,” kata Mulyanto melalui pesan singkat, Jumat (21/7/2023).

Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI ini menilai pemerintah akan berhitung cermat apabila Ahok dijadikan Dirut Pertamina pada tahun-tahun politik seperti saat ini. Apalagi, Dirut Pertamina sekarang, Nicke Widyawati, sangat profesional dan berpengalaman mengurus perusahaan pelat merah.

“Di tahun politik ini, tentu pemerintah paham terhadap isu sensitif ini. Sosok Dirut yang dibutuhkan itu ya seperti Ibu Nicke ini, smart, profesional, dan berpengalaman. Sehingga Pertamina bisa mengawal ketahanan energi nasional dan menjadi perusahaan top. Apalagi di sisi hulu minyak Pertamina itu sudah dominan, mayoritas,” ujar Mulyanto.

Bikin Gaduh

Komunikolog politik dan hukum nasional, Tamil Selvan  menilai kegaduhan akan terjadi kalau Komisaris Utama (Komut) PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, diberi jabatan sebagai Dirut Pertamina.

Dikatakan Tamil, jabatan Dirut merupakan jabatan publik aktif dan jabatan penentu dalam sebuah korporasi. Sedangkan jabatan Komut, merupakan jabatan publik tidak aktif. “Nah dua poin tersebut, ya tentu bisa jadi ketika Ahok menjabat (Dirut Pertamina), akan terjadi kegaduhan di publik,” ujar Tamil, Jumat (21/7/2023).

Tamil Selvan yang akrab disapa Kang Tamil ini merinci alasan-alasan kenapa Ahok akan membuat kegaduhan kalau menggantikan posisi Nicke Widyawati sebagai Dirut Pertamina.

“Satu, pemicu kegaduhannya adalah orang-orang atau pihak-pihak yang merasa bahwa Ahok adalah penista agama atau mantan penista agama yang dikatakan atau ‘tidak pantas’ untuk kembali menduduki jabatan publik,” tutur Kang Tamil.

Alasan kedua, lanjut Kang Tamil, kegaduhan akan datang dari diri Ahok sendiri yang kerap membuat kontroversi, baik dari segi tindakan maupun pembicaraannya di ruang publik. “Yang memang kadang-kadang memicu ketegangan,” pungkas Kang Tamil. rmo

Related posts

Kota Madiun Jadi Tempat Belajar Kesehatan Reproduksi dan KB bagi Negara Kenya

redaksiWD

APBD Sidoarjo Rp 5,4 Triliun Disahkan, Fokus Pembenahan Infrastruktur dan Pemulihan Ekonomi

redaksiWD

Keren, Usia 19 Tahun Jadi Wisudawan Termuda di Wisuda ke-124 ITS

redaksiWD