wartadigital.id
Ekbis Headline

PTPN X Gelar Petik Perdana Tembakau di Kebun Klaten

Petik perdana tembakau di Kebun Tembakau Klaten, tepatnya di lahan seluas 3,1 ha di Kebun 3 Sukorejo, Rabu (26/7/2023).

 

KLATEN (wartadigital.id) – PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X melakukan petik perdana tembakau di Kebun Tembakau Klaten, tepatnya di lahan seluas 3,1 ha di Kebun 3 Sukorejo, Rabu (26/7/2023). Tembakau yang dipanen ini merupakan tembakau yang ditanam pada 18 Juni 2023, MT 2023/2024, varietas TBN H382. Kegiatan petik perdana ini merupakan tahap yang pertama, dimana petik tahap kedua nanti akan dilanjutkan di lahan seluas 12 ha, lalu terakhir tahap ketiga di lahan seluas 10 ha.

Kebun Tembakau PTPN X sendiri memiliki target produksi 17.000 kg/ha daun basah dan 1.700 kg/ha daun kering dengan kualitas Top Grade (NW) 26,9% dan keutuhan daun 85% dari produksi total. Harapannya, mampu memenuhi kebutuhan pasar dunia yang semakin menggeliat. Acara ini dihadiri oleh langsung Komisaris Utama PTPN X Wahyu Widodo, Direktur PTPN X Tuhu Bangun Bersama SEVP dan Jajaran Pejabat Puncak.

“Saya berharap dengan panen hari ini mampu menambah semangat seluruh tim terutama dalam peningkatan kapasitas dan kualitas produksi tembakau”, ujar Wahyu Widodo, Rabu (26/7/2023).

Di sektor tembakau, PTPN X menargetkan tanam seluas 675 ha dengan rendemen 10% dan produksi daun hijau sejumlah 11.475 ton.  Hasil panen tembakau pada 2023 ini akan terus dipantau dan dievaluasi secara berkala, dari sisi pengelolaan, produktivitas, hingga kualitas hasil. Evaluasi tersebut nantinya akan digunakan untuk pengembangan tembakau di tahun berikutnya.

“Kami, PTPN X berkomitmen untuk memberikan kontribusi secara optimal kepada negara dan perusahaan dimana bahwasanya Indonesia mampu memproduksi tembakau yang bisa Go International,” ungkap Tuhu Bangun.

Kegiatan dilanjutkan dengan meninjau langsung ke gudang pengering, guna melihat kesiapan produksi tembakau di tahun ini. sis

Related posts

Pemkot Surabaya Kembali Relokasi 36 KK Eks Warga Kampung 1.001 Malam

redaksiWD

Ribuan Warga Kanada Gelar Protes Damai Tolak Perintah Vaksin

redaksiWD

Pemkot Tata Kota Lama Surabaya, Siap Gaet Para Pelancong

redaksiWD