wartadigital.id
Headline Potensi UKM

Raih Sukses Setelah Banting Setir dari Karyawan Jadi Wirausahawan

Hendra P Simbolon.

 

JAKARTA (wartadigital.id) – Hendra P Simbolon, atau yang akrab dipanggil Hendra, tidak pernah menyangka akan jadi seorang wirausahawan saat pertama merantau ke Jakarta. Ia pindah dari Medan, kota asalnya, dengan harapan mencari jalan rezeki yang lebih baik di suatu perusahaan. Pencarian yang panjang pun membawanya ke perusahaan yang berfokus di bidang teknologi di mana akhirnya ia mendapatkan kesempatan berkarir.

Selama lima tahun, pria lulusan S1 jurusan Teknik Informatika itu menekuni pekerjaannya dan berhasil memiliki pemasukan stabil. Namun pada 2015, tak ada yang mengira perusahaan tersebut terpaksa gulung tikar dan Hendra yang pada saat itu sudah memiliki dua anak pun dihadapi dengan situasi yang sulit.

Pasca kehilangan pekerjaannya sebagai pekerja kantoran, Hendra bersama istri pun tidak putus asa dan kembali bersemangat mencari pintu rezeki lain dengan dana yang dimiliki. Setelah berdiskusi, mereka setuju untuk mulai dengan berjualan sembako di warung kecil yang berlokasi di depan kontrakan, serta menjual pulsa melalui agen distributor biasa.

Perjalanannya dalam membangun usaha tersebut tidaklah mudah, Hendra yang tinggal di wilayah Jakarta Timur pun harus sering pergi ke agen sembako dan agen pulsa yang lokasinya cukup jauh dari rumah. Namun, semua usaha dilakukan dengan semangat untuk memenuhi kebutuhan keluarganya serta orangtua di kampung halaman yang sudah tidak lagi bekerja.

Hendra mengatakan memulai usaha pastinya butuh modal yang besar. “Modal yang saya maksud tidak hanya uang, tapi juga modal niat dan semangat yang tinggi. Tekadnya harus bulat dan kita percaya usaha yang kita rintis bisa sukses asal kita gigih. Saat itu saya bersama istri menanamkan kepercayaan itu untuk kita mulai dengan modal yang ada, jalankan dulu dan punya harapan ingin membuat usaha kita makin besar,” katanya belum lama ini.

Walaupun perjalanan membangun usahanya cukup terjal, Hendra tetap gigih mencoba berbagai hal yang bisa membantunya mengembangkan usaha warung dan kios pulsa yang ia jalani, termasuk mencoba inovasi dengan teknologi. Pada awal 2020, di saat semua kegiatan bekerja hingga belajar dilakukan dari rumah dan membutuhkan pulsa serta internet sebagai penunjang segala aktivitas online, Hendra melihat peluang bisnis dan memutuskan untuk mencoba berbagai layanan penjualan produk digital. Pada akhirnya, ia pun berlabuh di aplikasi Mitra Shopee yang menawarkan berbagai produk digital yang komplit dengan harga yang kompetitif.

“Saat bergabung menjadi Mitra Shopee, saya melihat peluang untuk mengembangkan bisnis saya dari berjualan berbagai produk digital. Apalagi saat itu di lingkungan sekitar saya belum banyak yang menjual produk digital. Untuk itu, saya hadir dan menjadi andalan tetangga sekitar. Sejak saat itu, intensitas transaksi pulsa, paket data, token listrik hingga tagihan internet dan listrik pun meningkat. Tak sedikit juga pelanggan yang memiliki keterbatasan akses perbankan datang untuk mengisi saldo ShopeePay mereka,” ujar Hendra.

Saat ini warung dan usaha Mitra Shopee Hendra sudah berkembang cukup cepat. Ia tidak menyesali keputusan banting setir dari karyawan swasta menjadi wirausahawan dan percaya bahwa memang dibutuhkan strategi khusus untuk bisa mencapai titik keberhasilan ini.

Strategi yang dia terapkan itu adalah menyingkirkan keraguan dan berani memulai. Dia menyadari momen memulai usaha pastinya menjadi masa yang paling sulit. Banyak keraguan dan tantangan yang muncul, mulai dari pencarian modal, rasa takut akan kegagalan, hingga ketakutan tidak menemukan strategi yang tepat untuk mengembangkan usaha. Semua itu dipatahkan oleh Hendra dengan keyakinan bahwa modal awal yang paling penting adalah keberanian untuk memulai.

Dia juga bertekad menjadi andalan pelanggan dan selalu siap menerima pesanan. Membangun loyalitas pelanggan menurutnya adalah hal yang sulit, namun Hendra memiliki strategi khusus dalam memikat pelanggan agar tidak pindah ke tempat lain. Ia berkomitmen untuk selalu standby setiap saat dan lebih fleksibel soal pembayaran. “Kapanpun pelanggan setia dan tetangga membutuhkan pulsa atau paket data, saya bersedia untuk langsung mengirimkannya. Pelanggan bisa membayar di sore hari saat pulang kerja atau keesokannya,” katanya.

Selain itu dia juga fokus dalam menumbuhkan usaha. Sedari awal memulai usahanya, Hendra dan istri fokus untuk terus menumbuhkan usahanya. Upaya yang ia lakukan bersama istri adalah dengan pelan-pelan menambah variasi produk, mencoba berbagai layanan untuk menunjang perkembangan usaha dan terbuka dengan inovasi. Terbukti kini usaha Hendra sudah cukup berkembang pesat.

“Tidak pernah terpikir sebelumnya bahwa saya bisa menjadi wirausahawan seperti sekarang. Dahulu saya pikir bahwa saya akan terus menjadi karyawan swasta. Namun, berjualan berbagai produk digital ternyata bisa membawa keuntungan yang signifikan untuk menambah pendapatan saya dan istri dari berjualan sembako. Saya bersyukur telah menemukan Mitra Shopee dan dapat menekuni jalan mencari nafkah ini,” tutup Hendra. set

Related posts

Mulai Divaksin, Pedagang Pasar Lebih Aman dan Nyaman Berdagang

redaksiWD

Pemkot Surabaya Mulai Hari Ini Terapkan Kebijakan PR Karakter bagi Pelajar SD-SMP Sederajat

redaksiWD

Dihadiri Orangtua Wali Murid, SMK Negeri 2 Sampang Gelar Pembekalan Praktik Kerja Lapangan

redaksiWD