wartadigital.id
Headline Surabaya

Sebanyak 100 PMI Tiba di Asrama Haji Surabaya

Ilustrasi saat sejumlah PMI tiba di Asrama Haji Surabaya beberapa waktu lalu dan Gubernur Khofifah Indar Parawansa menyempatkab berdialog dengan mereka.

SURABAYA (wartadigital.id)  –Sebanyak 100 Pekerja Migran Indonesia (PMI) tiba di Asrama Haji Sukolilo Surabaya  melalui penerbangan Singapura, Minggu (8/8/2021).

Petugas Posko Penanganan data Pemulangan PMI Jawa Timur M Agus Dewantoro mengatakan para PMI datang melalui satu penerbangan.“Petugas mulai dari Dishub, Satpol PP, BPBD, Dinkes hingga Diskominfo siap mengamankan kedatangan PMI,” kata Agus.

Setibanya di Bandara internasional Juanda, dikatakan Agus, PMI dijemput bus yang disiapkan Dishub Jatim, selanjutnya mereka akan dibawa ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya untuk didata dan dilakukan pemeriksaan kesehatan. Bagi PMI asal Jatim seluruhnya akan dikarantina di Asrama Haji. “PMI dari luar Jatim sebagian akan ditempatkan di Ketintang Surabaya  dan juga di Asrama Haji,”imbuhnya.

Selain didata, setiap PMI akan diperiksa kesehatannya oleh petugas dari Dinas Kesehatan Jatim melalui swab PCR. Jika hasilnya negatif Covid-19, PMI diperbolehkan kembali ke daerahnya dalam dua hari ke depan. Namun jika hasilnya positif maka akan dibawa ke RSUD dr Soetomo (untuk yang bergejala berat) dan ke RS Lapangan (tanpa gejala atau ringan).

Lebih lanjut dikatakan Agus, potokol kesehatan ini diwajibkan berdasarkan Instruksi menteri Dalam Negeri No 9 Tahun 2021 tentang perpanjangan PPKM berbasis mikro, dan mengoptimalkan posko penanganan Covid-19 di tingkat desa, dan kelurahan untuk pengendalian penyebaran Covid-19.

Peraturan Daerah No 2 Provinsi Jawa Timur tentang perubahan atas Peraturan Daerah Prov Jatim No 1 Tahun 2019 tentang penyelenggaraan ketenteraman, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat.

Selain itu Peraturan Gubernur Jawa Timur No 53 Tahun 2020 tentang penerapan protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19. Keputusan Gubernur Jawa Timur No 188/KPTS/013/2021 tentang perpanjangan ketiga PPKM berbasis mikro, dan mengoptimalkan posko penanganan Covid-19 di tingkat desa dan kelurahan untuk pengendalian penyebaran  Covid-19 di Provinsi Jawa Timur. Juga Surat Perintah Tugas Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Jawa Timur No 094/887/106.5/2021 tanggal 11 Mei 2021 tentang pelaksanaan tugas membantu pengamanan dan penanganan kedatangan PMI di Asrama Haji Surabaya. sis, rya

 

Related posts

Ombudsman Jatim Apresiasi Pelayanan Publik di Banyuwangi Selama Pandemi Covid-19

redaksiWD

Tinjau Longsor di Pamekasan, Gubernur Khofifah Serahkan Bantuan bagi Keluarga Korban Meninggal

redaksiWD

KBRI Sebutkan Tidak Ada WNI Jadi Korban Kebakaran Hutan di Turki

redaksiWD