wartadigital.id
Nasional

Sebanyak 7.961 Jemaah Haji Kembali ke Indonesia Hari  Ini

Kedatangan jemaah haji di Bandara Internasional Juanda.

 

JAKARTA (wartadigital.id) – Kementerian Agama (Kemenag) menyatakan sebanyak 7.961 orang jemaah haji dalam 20 kelompok terbang (kloter) telah dan akan diterbangkan dari Arab Saudi ke Tanah Air, pada Minggu (23/6/2024) hari ini.

Anggota Media Center Kemenag Widi Dwinanda mengatakan bahwa jemaah haji yang telah tiba di Tanah Air mendapatkan sejumlah layanan di asrama haji sebelum kembali ke keluarga masing-masing.  “Kedatangan jemaah di Tanah Air disambut dengan hangat oleh sejumlah pejabat tinggi negara pimpinan daerah dan keluarga jemaah di asrama haji Pondok Gede Jakarta,” katanya dalam keterangan pers di YouTube Kemenag RI, Minggu (23/6/2024).

Selain itu, dia mengatakan bahwa kedatangan kloter pertama sebelumnya disambut oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) yaitu Muhadjir Effendi.  Dia menjelaskan rincian jemaah haji yang pulang ke Tanah Air pada hari ini di antaranya, embarkasi Surabaya (SUB) sebanyak 1.854 jemaah dengan 5 kloter, Embarkasi Batam (BTH) sebanyak 446 jemaah dengan 1 kloter dan Embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG) sebanyak 1.226 jemaah dengan 3 kloter.

Selanjutnya, Embarkasi Palembang (PLM) sebanyak 450 jemaah dengan 1 kloter, Embarkasi Jakarta Bekasi (JKS) sebanyak 880 jemaah dengan 2 kloter dan Embarkasi Lombok (LOP) sebanyak 393 jemaah dengan 1 kloter.  Embarkasi Kertajati (KJT) sebanyak 880 jemaah dengan 2 kloter, Embarkasi Solo (SOC) sebanyak 1079 jemaah dengan 3 kloter, Embarkasi Padang (PDG) 393 jemaah dengan 1 kloter dan Embarkasi Medan (KNO) sebanyak 360 jemaah dengan 1 kloter.

Adapun Widi mengatakan sebelum pulang ke Tanah Air, jemaah haji disarankan agar mempersiapkan diri sebaik mungkin dengan menjaga kesehatan tubuh. Menurutnya, untuk jemaah haji yang lemah, seperti lansia dan juga risiko tinggi, sebaiknya tidak memaksakan diri untuk melakukan ibadah-ibadah sunah seperti salat berjamaah di Masjidil Haram melakukan umrah sunah atau melakukan tawaf sunah yang berulang-ulang. bis

 

Related posts

Cak Imin Coblos di TPS Bangka Bersama Keluarga

redaksiWD

Transaksi Janggal Rp 349 Triliun di Kemenkeu, Satgas TPPU Sebut Ada Potensi Tersangka Baru

redaksiWD

Baru Dipulangkan, Pemuda Madiun Tersangka Kasus Peretasan Bjorka Ditangkap Lagi

redaksiWD