wartadigital.id
Headline Teknologi

Selamat Tinggal WhatsApp

Aplikasi pesan WhatsApp secara resmi menghentikan dukungan untuk perangkat yang menjalankan Android 4.0.2 dan iOS 8 ke bawah mulai Senin (1/11/2021) hari ini.

 

JAKARTA (wartadigital.id)  – Pengguna sejumlah ponsel tertentu, ucapkan selamat tinggal pada WhatsApp. Sebab, mulai Senin ( 1/11/2021) hari ini, aplikasi pesan instan milik Facebook itu resmi berhenti beroperasi pada perangkat yang menjalankan sistem operasi (OS) Android 4.0.2 dan iOS 8 ke bawah.

Dalam laman frequently asked question (FAQ), WhatsApp merekomendasikan untuk menggunakan ponsel Android yang menjalankan OS 4.0.3 atau iPhone yang menjalankan iOS 9 ke atas.

Jadi, sebagian besar smartphone di pasaran menjalankan versi terbaru dari sistem operasi saat ini, Android dan iOS, pengguna sebetulnya tidak perlu khawatir.

Meski WhatsApp menghentikan dukungan untuk smartphone lawas, tidak berarti aplikasi langsung berhenti bekerja. Masalah terbesarnya adalah perangkat yang tidak didukung WhatsApp tidak akan bisa mendapat akses update security atau keamanan.

Hal ini pun membuat para pengguna mudah jadi target para hacker yang memanfaatkan kerentanan di aplikasi yang tidak di-update untuk mencuri data pribadi pengguna.

WhatsApp juga menyarankan agar pengguna smartphone di atas memperbarui perangkat yang lebih baru untuk menghindari penutupan akun atau tidak mendapatkan software keamanan.

Jika tidak, pengguna tidak bisa menikmati fungsi aplikasi. Misalnya tidak terhubung ke WhatsApp Web. Sebab, untuk masuk ke platform, WhatsApp akan meminta kode QR dari aplikasi yang diunduh di ponsel.

Jika ponsel lawas, dalam beberapa kasus tidak bisa menampilkan kode QR tersebut. Berikut daftar smartphone yang tidak bisa lagi mendapatkan update WhatsApp:

Android

Samsung: Galaxy Trend Lite, Galaxy Trend II, Galaxy SII, Galaxy S3 Mini, Galaxy Xcover 2, Galaxy Core, dan Galaxy Ace 2

Huawei: Ascend G740, Ascend Mate, Ascend D Quad XL, Ascend D1 Quad XL, Ascend P1 S, dan Ascend D2

LG: Lucid 2, Optimus F7, Optimus F5, Optimus L3 II Dual, Optimus L5, Optimus L5 II, Optimus F5, Optimus L5 Dual, Optimus L3 II, Optimus L7, Optimus L7 II Dual, Optimus L7 II, Optimus F6 Enact, Optimus L4 II Dual, Optimus F3, Optimus F4 II, Optimus L2 II, Optimus Nitro HD, 4X HD, Optimus F3Q

ZTE: Grand S Flex, ZTE V956, Grand X Quad V987, Grand Memo

Sony: Xperia Miro, Sony Xperia Neo L, dan Xperia Arc S. viv, set

 

Related posts

Dosis Kedua, Gubernur Khofifah Tinjau Langsung Vaksinasi Ratusan Wartawan

redaksiWD

Dukung Pertumbuhan Optimal Anak, Abbott Luncurkan Inovasi PediaSure Baru dengan Kandungan Arginin dan Vitamin K2

redaksiWD

Walikota Eri Cahyadi Terima Penghargaan Pembina K3 Provinsi Jatim Tahun 2020

redaksiWD