wartadigital.id
Headline Surabaya

Siap Layani Parpol Calon Peserta Pemilu 2024, KPU Jatim Bentuk Helpdesk

KPU Jatim melakukan sosialisasi pelaksanaan layanan melalui helpdesk serta penyampaian petunjuk pelaksanaan dan SOP helpdesk di internal satuan kerjanya, Senin (1/8/2022).

 

SURABAYA (wartadigital.id) –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur memastikan menyediakan layanan helpdesk untuk seluruh parpol calon peserta Pemilu  2024. Helpdesk tersebut secara khusus difungsikan dalam rangka melayani  parpol peserta Pemilu 2024 pada proses pendaftaran dan verifikasi. Hingga penetapan parpol menjadi peserta pemilu.

“Helpdesk ini dapat dimanfaatkan parpol untuk konsultasi seputar pendaftaran dan verifikasi,” kata Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Jatim Insan Qoriawan, Senin (1/8/2022).

Berkenaan dengan Sistem Informasi Partai Politik (Sipol), juga menjadi bagian dari layanan yang dipenuhi jika parpol menemui kendala.

Helpdesk dibuka selama tahapan pendaftaran, verifikasi, dan penetapan parpol  peserta Pemilu 2024 berlangsung. Sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 4 Tahun 2022 tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu Anggota DPR dan DPRD, rangkaian tahapan pendaftaran sampai dengan penetapan parpol peserta Pemilu 2024 dimulai pada 1 Agustus sampai dengan 14 Desember 2022.

“Helpdesk akan dibuka setiap hari Senin sampai dengan Minggu pada pukul 08.00 – 17.00 waktu setempat,” jelas Insan.

Adapun tempat konsultasi, para parpol calon peserta Pemilu 2024 dapat datang secara langsung ke Kantor KPU Jawa Timur, Jalan Raya Tenggilis Nomor 1-3 Surabaya.

Selain dapat melakukan konsultasi secara langsung mendatangi kantor, KPU Jatim juga membuka layanan konsultasi secara online.

“Helpdesk kita juga tersedia melalui email, WhatsApp group yang telah dibuat Tim Helpdesk dengan LO partai politik tingkat Jawa Timur, bahkan kami juga melayani lewat pertemuan online yang telah dijadwalkan sebelumnya,” terang Insan.

Masih menurut Insan, helpdesk juga dibuka di setiap KPU Kabupaten/Kota di seluruh provinsi Jawa Timur.

“KPU Jawa Timur juga telah menginstruksikan ke 38 KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur untuk membentuk helpdesk pendaftaran dan verifikasi parpol dalam rangka melayani partai politik calon peserta pemilu selama tahapan ini berlangsung,” lanjut mantan Komisioner KPU Kabupaten Pasuruan ini.

Untuk memaksimalkan pelayanan tersebut, Senin, 1 Agutus 2022 ini KPU Jatim melakukan sosialisasi pelaksanaan layanan melalui helpdesk serta penyampaian petunjuk pelaksanaan dan SOP helpdesk di internal satuan kerjanya.

Ketua KPU Jatim Choirul Anam saat membuka acara menyampaikan jika seluruh keluarga besar KPU Jatim mulai dari komisioner hingga staf harus memahami regulasi terkait pendaftaran, verifikasi dan penetapan parpol peserta Pemilu 2024.  “Seluruh jajaran harus paham, karena kita tidak hanya melayani konsultasi pendaftaran, verifikasi dan penetapan, tetapi juga terkait dengan Sipol,” jelas Anam.

Bertempat di Aula Kantor KPU Jatim, Jalan Raya Tenggilis nomor 1-3 Surabaya, sosialisasi dimulai pada pukul 13.00 dan berlangsung sekitar dua jam. Selain Anam dan Insan, hadir dalam sosialisasi  tersebut anggota Gogot Cahyo Baskoro dan Rochani, Sekretaris Nanik Karsini, para pejabat struktural dan fungsional serta seluruh staf di lingkungan sekretariat KPU Jatim. Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Jatim, Insan bertindak sebagai pemateri dalam acara ini. sis

Related posts

Bahas Masalah Lahan Warga Gundih, Pemkot Surabaya dan PT KAI Gelar Audiensi

redaksiWD

Bantuan Pemprov Jatim untuk 5.000 Warga Banyuwangi Cair

redaksiWD

Turki Bangun Kompleks Militer Super Besar Mirip Pentagon

redaksiWD