wartadigital.id
Headline Nasional

TNI Lembaga Paling Dipercaya Masyarakat Indonesia

Temuan Survei Indikator Politik Indonesia, 90 persen masyarakat cukup percaya pada TNI, hanya 7 persen yang tidak dipercaya.

 

JAKARTA (wartadigital.id)  – Tentara Nasional Indonesia (TNI) menjadi lembaga negara yang paling dipercaya masyarakat Indonesia. Temuan Survei Indikator Politik Indonesia, 90 persen masyarakat cukup percaya pada TNI, hanya 7 persen yang tidak dipercaya.

Presiden Jokowi menjadi urutan kedua. Hasilnya hanya 82 persen yang menyatakan percaya pada lembaga kepala pemerintahan itu. Sebanyak 15 persen menyatakan tidak percaya pada lembaga Presiden.

Institusi Kepolisian Republik Indonesia (Polri) berada diurutan ketiga dengan persentase 71 persen dan diikuti Komisi Pembarantasan Korupsi (KPK) sebanyak 65 persen. “TNI paling dipercaya, kemudian Presiden, Polri, KPK, Kejaksaan, MPR, DPD, DPR dan partai politik,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanudin Muhtadi dalam paparannya secara daring, Minggu (26/9/2021).

Dijelaskannya beragam isu yang menyeret lembaga  KPK  ternyata berpengaruh terhadap kepercayaan masyarakat. Hal ini tergambarkan dalam hasil survei yang dirilis Indikator Politik Indonesia. “Ini ada penurunan tingkat trust terhadap KPK. Menurut saya ini penting untuk disuarakan elemen civil society,” kata Burhanuddin Muhtadi.

Biasanya, kata dia, lembaga antirasuah ini berada di atas daftar lembaga yang dipercaya oleh masyarakat. Dia menyebut KPK hanya kalah tingkat kepercayaannya dengan lembaga TNI. Tapi sekarang merosot ke peringkat 4 dilihat dari tingkat kepercayaan publik terhadap KPK. Alias sudah tersalip oleh polisi.

Survei ini dilakukan Indikator Politik Indonesia dalam medio 17 sampai 21 September 2021. Sampel survei sebanyak 1.200 responden dipilih secara acak dari kumpulan sampel acak survei tatap muka langsung yang dilakukan pada Maret 2018 hingga Juni 2021. Dari 1.200 responden, margin of error sekitar kurang lebih 2.9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. set, rmo

 

Berikut daftar Lembaga berdasarkan peringkat kepercayaan masyarakat versi survei Indikator:

  1. TNI : 90 persen
  2. Presiden : 82 persen
  3. Polri : 71 persen
  4. KPK : 65 persen
  5. Kejaksaan : 61 persen
  6. MPR : 57 persen
  7. DPD : 52 persen
  8. DPR : 50 persen
  9. Parpol : 48 persen

Related posts

PTM Tetap Jalan Meski Ada Klaster Covid-19, Alvin Lie Kritik Nadiem Makarim

redaksiWD

Tim Robotika ITS Borong Juara KRI 2021 Wilayah II

redaksiWD

Pameran UMKM Virtual Pertama di Kota Surabaya Segera Digelar Jumat Ini

redaksiWD