wartadigital.id
Headline Surabaya

Dewan Minta Bupati Gresik Segera Atasi Banjir Kali Lamong

Antara
Salah satu daerah yang terdampak meluapnya Kali Lamong.

GRESIK (wartadigital.id) – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gresik H Muh Abdul Qodir meminta agar Bupati  Fandi Akhmad Yani segera merespon keluhan warga terdampak banjir akibat luapan Kali Lamong.  Pasalnya, setiap kali hujan dengan intensitas tinggi selalu memicu banjir yang menggenangi daerah di sekitarnya. Bahkan, air banjir ada yang masuk rumah warga.

“Saat zamannya Pak Sambari – Pak Qosim lebih menitikberatkan fasilitas olahraga seperti Gelora Joko Samudro (GJOS), Tugu dan lain sebagainya. Ada perbaikan jalan meski tidak sepenuhnya,” kata Abdul Qodir, Rabu (17/3/2021).

Pria yang akrab dipanggil Kaji Qodir ini berharap Pemkab Gresik lebih fokus untuk menangani permasalahan yang selama ini dikeluhkan masyarakat Gresik. Khususnya banjir akibat luapan Kali Lamong.  “Untuk masalah perbaikan jalan dan banjir sudah ada anggaran 2021 dan bisa dipakai,” kata Kaji Qodir.

Terkait peningkatan SDM, Ketua DPC PKB Gresik itu mengapresiasi langkah Bupati yang memberi gebrakan pada OPD.  “Saya mendukung Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, untuk gebrakan awal yang memberikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kebebasan mempunyai inovasi dan kreativitas dalam bekerja dengan mengusung perubahan Gresik Baru. Hal ini harus dibarengi dengan pelatihan – pelatihan agar tanggap dalam menangani masalah,” tambah Kaji Qodir.

Menurutnya, Pemkab Gresik harus segera mengubah mindset tatanan birokrasi biar tidak sama dengan tahun kemarin. Selanjutnya dicocokkan dengan Nawakarsa.  “Untuk mengimbangi mobilitas dan percepatan kerja Bupati diperlukan penataan SDM di OPD teknis, karena tidak sedikit Kepala OPDnya bagus, tapi tidak didukung oleh SDM yang cukup dan kompeten,” jelas Kaji Qodir.

Di samping itu, koordinasi dan sinergitas antar OPD ini juga perlu diperbaiki untuk percepatan kinerja. “Contohnya alokasi anggaran untuk perencanaan kegiatan, sudah kita alokasikan di APBD, dengan harapan ketika masuk APBD murni seluruh program bisa dilaksanakan dengan cepat, tapi kok masih lambat. Iya harus ditata ulang terkait koordinasi antar OPD nya,” katanya.

Suami dari Ufiq Zuroidah anggota FKB DPRD Jawa Timur itu berharap Pemkab Gresik saat ini bisa mewujudkan janji kampanyenya. “Semoga Pemkab yang baru, SDM dan birokrasi yang baru bisa  mewujudkan Gresik baru dengan Nawakarsa,” pungkas Kaji Qodir. sal, put

Related posts

Heboh Pembagian Uang dalam Amplop Berlogo PDIP di Masjid, Said Abdullah Sebut Niat sebagai Zakat

redaksiWD

Invasi Hari ke-10, Rusia Terus Mengepung dan Bombardir Kota Mariupol Ukraina

redaksiWD

Jelang Pemilu 2024, Kemenkumham Siap Perkuat Pengamanan lapas

redaksiWD