wartadigital.id
Ekbis Headline

Didorong Permintaan Domestik, BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi RI 4,7-5,5% di 2024

 

Dok WD
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo

 

JAKARTA (wartadigital.id) – Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia meningkat dalam kisaran 4,7-5,5%.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, hal itu karena pemulihan ekonomi Indonesia terus berlanjut ditopang oleh permintaan domestik. “Pada 2024, pertumbuhan ekonomi diprakirakan meningkat dalam kisaran 4,7-5,5% didukung oleh permintaan domestik utamanya berlanjutnya pertumbuhan konsumsi, termasuk dampak positif penyelenggaraan pemilu, serta peningkatan investasi khususnya bangunan sejalan dengan berlanjutnya pembangunan PSN termasuk Ibukota Nusantara (IKN),” jelas Perry dalam konferensi pers RDG BI di Jakarta, Rabu (17/1/2024).

Adapun pertumbuhan ekonomi 2023 diperkirakan dalam kisaran 4,5-5,3%, didorong oleh konsumsi dan investasi sejalan dengan akselerasi belanja pemerintah pada akhir tahun dan percepatan penyelesaian beberapa Proyek Strategis Nasional (PSN).

Sementara itu, kinerja ekspor diprediksi belum kuat sebagai dampak perlambatan ekonomi global dan penurunan harga komoditas. Berdasarkan Lapangan Usaha (LU), prospek LU Industri Pengolahan, Perdagangan Besar dan Eceran, Informasi dan Komunikasi, Konstruksi, serta Transportasi dan Pergudangan diprakirakan tetap tumbuh baik.

Sementara secara spasial, pertumbuhan yang baik diperkirakan terjadi di seluruh wilayah, terutama Sulawesi-Maluku-Papua (Sulampua) sejalan dengan dampak positif hilirisasi mineral, serta Jawa akibat permintaan domestik yang masih kuat.

Ke depan, Bank Indonesia akan terus memperkuat sinergi stimulus fiskal Pemerintah dengan stimulus makroprudensial Bank Indonesia untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya dari sisi permintaan domestik. sin, set

Related posts

Sidoarjo Bebaskan Denda Sembilan Jenis Pajak Daerah

redaksiWD

Kapolresta Sidoarjo Serahkan Bantuan 50 Sak Semen untuk Masjid Al Muhajirin Celep

redaksiWD

Moncer, Baru Berdiri Koperasi di Sidoarjo Berhasil Ekspor Rumput Laut ke Tiongkok

redaksiWD