wartadigital.id
Sport

Kejurda Finswimming 2024: Dibuka Ketua Umum KONI Jatim, Diikuti 700 Peselam

Ketua Umum KONI Jatim, M Nabil, didampingi Kabid Olahraga Dispora, Abdul Wahab, Pelatih Selam, Ansori dan beberapa atlet selam saat pembukaan Kejurda Finswimming

SURABAYA (wartadigital.id) – Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Jatim, gelar Kejurda Finswimming 2024, 10-12 Mei. Kejurda diikuti 700 peselam yang diselenggarakan di Kolam Renang Dispora dan dibuka oleh Ketua Umum KONI Jatim, M Nabil, Jumat (10/5/2024) pagi.

“Even ini tradisi yang bagus dan luar biasa yang dilakukan oleh POSSI Jatim. Pesertanya 700-an atlet dari berbagai daerah di Jatim,” kata Nabil kepada wartawan usai pembukaan Kejurda Finswimming 2024.

Menurutnya, makin sering mengadakan even untuk nomor-nomor kolam ini, maka semakin kuat karakter dan hebat prestasinya. Karena, dengan mempunyai jam terbang cukup tinggi dan semakin banyak even yang diikuti semakin beradaptasi atlet dengan lawan tanding dan suasana lapangan.

“Dan ini dilakukan oleh POSSI Jatim rutin setiap tahun. Meski melibatkan dan memberikan kesempatan kepada atlet di luar Jatim, saya pikir ini sebagai ajang kompetisi awal untuk menarik menyaring minat dan bakatnya anak-anak muda,” ujar Nabil.

Ia menjelaskan, dengan jumlah 700 atlet itu, membuat kita semakin yakin bahwa ada sebuah perputaran generasi yang berjalan di selam Jatim. Tidak mungkin kekuatan itu hanya diperoleh melalui latihan saja, tentu mereka harus mengikuti kompetisi resmi.

“Kompetisi resmi itu, adalah kompetisi yang mendapat legalitas dari POSSI daerah atau PB POSSI yang melaksanakan. Nah, karena itu saya punya ekspektasi dalam kegiatan ini nanti akan bisa dilihat berapa tahun ke depan mereka yang aktif di sini dan punya prestasi di sini jenjang karirnya akan selalu berjalan,” ujar Nabil.

Sementara itu, Pelatih Selam Jatim, Ansori berharap Jatim tetap bisa mempertahankan juara umum di even nasional, termasuk PON 2024 di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut). Melalui seleksi ini, diharapkan muncul atlet baru yang berkualitas. Sebab, Kejurda ini juga diikuti oleh sejumlah atlet selam Puslatda Jatim.

“Mudah-mudahan kompetitornya di PON Aceh-Sumut tidak jauh beda dari Papua kemarin. Dengan demikian, kita bisa mempersiapkan atlet lebih bagus dan biasanya dua hingga tiga bulan itu sudah kita persiapkan dalam Puslatda,” lanjut Ansori. koi, edt

Related posts

Tindakan Kepolisian Menembakkan Gas Air Mata ke Tribun Langgar Aturan FIFA

redaksiWD

Dispora Jatim Gelar KIP Night Run, Dorong Minat Olahraga Masyarakat

redaksiWD

Libas DKI dan NTB, Kuartet Jatim Sabet Emas 4×100 Meter Estafet Putra

redaksiWD