wartadigital.id
Headline Surabaya

2022, RW se-Surabaya Bakal Dapat Bantuan Senilai Rp 57,6 Miliar

Camelia Habiba SE

 

SURABAYA (wartadigital.id) – Kabar gembira datang untuk seluruh Rukun Warga (RW) se-Surabaya. Tahun depan bakal ada bantuan dari Pemkot Surabaya dengan total bantuan senilai Rp 57 miliar.

Wakil Ketua Komisi A DPRD Kota Surabaya Camelia Habiba SE mengatakan, dalam pembahasan APBD 2022 Komisi A mengganggarkan Rp 57, 6 miliar sebagai alokasi tambahan di kecamatan-kecamatan.

Ia menerangkan, anggaran Rp 57,6 miliar sebagai ucapan terima kasih kepada RW se-Surabaya, karena selama masa pandemi Covid-19 para Ketua RW menjadi garda terdepan melawan Covid-19, sehingga kondisi Surabaya bisa turun menjadi Level 1 PPKM.

Menurut Habiba, alokasi anggaran Rp 57,6 miliar untuk RW ini dialokasikan untuk perlengkapan, inventaris lainnya seperti terop, 20 set kursi lipat, 2 meja, sound system, PC Komputer plus printernya, LCD proyektor untuk menunjang kinerja RW-RW yang saat ini semuanya harus berbasis digital.

“Jadi saat rapat virtual baik dengan Walikota, Dewan, Camat, para RT bisa menyaksikan. Intinya kinerja RW bisa optimal karena ada fasilitas perlengkapan penunjang nya,” ujarnya di Surabaya, Senin (08/11/2021).

Camelia Habiba menambahkan dengan bantuan apresiasi ini pihaknya berharap RW di Surabaya dapat meningkatkan kinerja saat memberikan pelayanan ke masyarakat.

“Dan Walikota Surabaya sangat menyetujui usulan Komisi A ini karena memang semangatnya Walikota kan seluruh tugas dan kewenangan walikota dialihkan ke kecamatan, artinya pelayanan untuk masyarakat harus jemput bola. Nah garda terdepan layanan masyarakat kan adalah para RW-RW,” jelas politisi PKB Kota Surabaya ini.

Lebih lanjut Camelia Habiba mengatakan, mengenai teknis bantuannya adalah, anggaran akan didistribusikan ke setiap kecamatan, jadi pengadaannya ada di kecamatan dan kecamatan ini yang akan mendistribusikan ke setiap RW-RW. “Jadi ini tidak berupa uang namun barang, karena inikan bukan hibah melainkan bantuan apresiasi,” tutur Camelia Habiba.

Dia kembali menjelaskan, untuk jumlah unitnya itu akan dilihat seberapa banyak RT yang ada di RW, karena setiap RW tentu berbeda jumlah RT nya. Namun,  khusus untuk RW yang mempunyai RT lebih dari 10 itu akan diberikan dua paket. Karena satu paket berisi, satu tenda, 20 kursi lipat, 2 meja, dan jika dapat dua paket maka RW akan mendapatkan dua tenda serta 40 kursi lipat dan 4 meja.

“Karena untuk wilayah Utara Surabaya kita ketahui satu RW ada yang mencapai 10 bahkan sampai 30 RT. Yang pasti bantuan ini untuk menunjang pelayanan di tiap RW-RW di Surabaya,”ungkapnya. sis

Related posts

Potensi Gempa M 8,7, Sebanyak 12 Desa di Blitar Diprediksi Terdampak Tsunami

redaksiWD

Yuli, TKW Asal Indonesia yang Dapat Warisan Rp 1 Miliar dari Aktor Taiwan

redaksiWD

Terapkan 10 Hari Kerja, Kiat Manajemen Hotel dan Wisata Pantai Camplong Menghindari PHK

redaksiWD