wartadigital.id
Madura

Awal Kemarau, Koordinator Penyuluh Pertanian Imbau Petani Cari Sumber Air

Apel Pagi Penyuluh Pertanian Kecamatan Pragaan di Halaman Kantor Kecamatan Pragaan, Senin (20/5/2024)

SUMENEP (wartadigital.id) – Sebagai upaya menghadapi musim kemarau, Koordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan Pragaan Nur Hasan meminta warga petani untuk selalu mencari sumber mata air bidang pertanian agar dapat mengairi lahan pertaniannya.

Ia mengatakan, Mei 2024 sebagai awal musim kemarau, untuk itu diimbau kepada para petani yang kurang air segera mencari sumber mata air.

“Yang tidak ada air, sebaiknya mencari solusi lain, karena cuaca saat ini ekstrem dampak elnino dan lain-lain,” ucapnya pada Apel Pagi, di Halaman Kantor Kecamatan Pragaan, Senin (20/5/2024).

Menurut Nur Hasan, El-Nino adalah sebuah fenomena cuaca yang terjadi akibat peningkatan suhu permukaan air di Samudra Pasifik Tengah dan Timur yang menjadi lebih hangat dari biasanya.

“Fenomena alami ini menyebabkan perubahan pola cuaca global, yang berdampak signifikan pada iklim di berbagai wilayah di dunia, termasuk di Indonesia,” ujarnya.

Hasan menyebutkan, solusi informasi bidang pertanian ke depan akan diinformasikan melalui 7 (tujuh) penyuluh yang ada di Kecamatan Pragaan untuk cuaca ekstrem tersebut.

Dosen Universitas Annuqayah ini menyatakan, bahwa warga petani yang masuk kelompok tani di Kecamatan Pragaan masih 60 persen.

“Yang 40 persen belum masuk, sehingga bisa tidak menerima pupuk. Maka kami harapkan bergabung ke kelompok tani terdekat. Berikan KTP-nya untuk mendapatkan pupuk,” kata dia. ume

Related posts

Kapolsek Pangarengan Gencarkan Sosialisasi Prokes, Sempat Beri Teguran Pemilik Biliar

redaksiWD

Anggaran Jamkesda Kabupaten Sampang Habis, Pasien Tidak Mampu Kebingungan

redaksiWD

Deretan Prestasi dan Unjuk Kebudayaan Warnai Malam Resepsi Hari Jadi ke-398  Kabupaten Sampang

redaksiWD