wartadigital.id
Headline Nasional

Badan Standar Nasional Pendidikan Resmi Bubar

Mendikbudristek Nadiem Makarim

 

JAKARTA (wartadigital.id)  – Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) resmi dibubarkan. Kebijakan inipun disorot oleh banyak kalangan. Keputusan itu diambil setelah Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nadiem Makarim menerbitkan Permendikbudristek No 28 Tahun 2021 yang ditandatangani pada 24 Agustus 2021.

Pasal 334 Permendikbudristek No 28 Tahun 2021 menyatakan bahwa BSNP mengacu pada aturan Permendikbud No 39 Tahun 2019 tentang perubahan Permendikbud No 96 Tahun 2013 tentang BSNP dicabut dan tidak berlaku.

“Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 96 Tahun 2013 tentang Badan Standar Nasional Pendidikan (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2019 Nomor 1177), dicabut dan dinyatakan tidak berlaku,” demikian kutipan pasal 334 seperti dikutip, Selasa (31/8/2021).

Selanjutnya, untuk menggantikan BSNP, Nadiem membentuk Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan yang langsung di bawah komando Mendikbudristek.

Mengacu pada pasal 233 dalam Permendikbud No 28 Tahun 2021 dinyatakan bahwa tugas badan pengganti BSNP itu menyelenggarakan penyusunan standar, kurikulum dan asesmen pendidikan serta pengelolaan sistem perbukuan. “Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan menyelenggarakan fungsi  penyusunan kebijakan di bidang standar pendidikan,  penyusunan kebijakan teknis di bidang kurikulum dan asesmen pendidikan serta pengelolaan sistem perbukuan,” demikian salah satu poin pasal 234. rmo

Related posts

Walikota Eri Cahyadi Berikan Penghargaan 26 Jaksa Kejari Surabaya

redaksiWD

Penggulingan AHY Bisa Ganggu Kepercayaan Investor pada Jokowi

redaksiWD

Curhat di Medsos, Nathalie Holscher Mengaku Capek Bersabar

redaksiWD