wartadigital.id
Headline Mataraman

Boleh Gelar Buka Bersama dan Salat Tarawih Asal Jaga Prokes

Pelaksanaan Salat Tarawih berjamaah di masjid maupun musala boleh dilakukan asal menerapkan prokes ketat.

 

TULUNGAGUNG (wartadigital.id) – Wakil Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Kabupaten Tulungagung, Achmad Mugiyono mengatakan, aturan Salat Tarawih di masa pandemi sudah diatur berdasarkan Surat Edaran (SE) Menteri Agama (Menag) Nomor 3 Tahun 2021 tentang Panduan Ibadah Ramadan 2021. Intinya, pelaksanaan Salat Tarawih berjamaah di masjid maupun musala boleh dilakukan. “Aturannya ada di SE Menteri Agama. Salat Tarawih boleh asal sesuai aturan,” kata Mugiyono, Rabu (14/4/2021).

Lebih rinci, ia menjelaskan, di dalam SE tersebut juga mengatur beberapa kegiatan yang berkaitan dengan bulan Ramadan. Mulai dari salat lima waktu yang dilaksanakan di dalam masjid, buka bersama hingga peringatan Nuzulul Quran di pertengahan Ramadan.

“Salat Tarawih, buka bersama di masjid maupun peringatan Nuzulul Quran bisa dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) yang ketat dan pembatasan maksimal peserta yakni 50 persen dari kapasitas ruangan,” ujarnya.

Mamad, sapaan akrab Achmad Mugiyono menuturkan, pelaksanaan Salat Idul Fitri juga diatur dalam SE ini. Namun dengan catatan, apabila ada lonjakan penyebaran kasus Covid-19 maka perubahan peraturan akan dilakukan.

“Bisa dilaksanakan di masjid atau lapangan terbuka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, kecuali jika perkembangan Covid-19 mengalami peningkatan berdasarkan pengumuman Satgas Covid-19,” paparnya.

Dalam SE tersebut juga ada beberapa imbauan agar diikuti oleh masyarakat. Antara lainnya melaksanakan buka dan sahur di rumah saja dengan keluarga inti untuk mengurangi potensi terjadinya kerumunan.

Selanjutnya, mubaligh dan ulama yang mendapatkan giliran menyampaikan ceramah diharapkan bisa menyampaikan pesan untuk pencegahan penyebaran Covid-19. Tapi batas ceramah paling lama hanya berdurasi 15 menit. yan, kli

Related posts

Penggulingan AHY Bisa Ganggu Kepercayaan Investor pada Jokowi

redaksiWD

IKA hingga Perwakilan Wisudawan asal Yaman Ucapkan Pesan Kasih pada Ortu

redaksiWD

Bersinergi dengan Kemendes PDTT, Shopee Dukung UMKM Berpeluang Ekspor

redaksiWD