wartadigital.id
Nasional

Bukan 3 Orang, Polisi Ralat Jumlah DPO Hanya Pegi Perong

Polda Jabar mengumumkan berhasil menangkap Pegi Setiawan (PS) alias Perong alias Robi Irawan, DPO pembunuh Vina Cirebon.

 

BANDUNG (wartadigital.id)  – Jumlah Daftar Pencarian Orang (DPO) terkait pembunuhan Vina dan Eky Cirebon dipastikan hanya 1 orang, yakni Pegi Setiawan (PS) alias Perong alias Robi Irawan, bukan 3 orang seperti kabar yang beredar selama ini.

Kepastian itu disampaikan Dirkrimum Polda Jabar Kombes Pol Surawan, saat menampilkan dan membeberkan peran tersangka Pegi yang sempat buron sejak 2016 lalu. “Perlu saya tegaskan, jumlah tersangka bukan 11, tapi 9. Sehingga DPO hanya 1,” kata Kombes Surawan kepada wartawan di Bandung, Minggu (26/5/2024).

Karena, sambung dia, selama ini para tersangka yang sudah menjadi narapidana memberikan keterangan berbeda-beda, ada yang menyebutkan 3 orang, tapi namanya berbeda, ada juga yang menerangkan DPO hanya 1.

“Setelah kami lakukan penyidikan mendalam, ternyata 2 nama yang disebutkan selama ini hanya asal-asalan. Jadi tidak ada tersangka lain. Tapi bila di kemudian hari muncul tersangka lagi, ya kami akan periksa,” tambah Surawan lagi.

Tetapi, sejauh ini kata dia, berdasar fakta penyidikan, jumlah DPO hanya satu orang, yakni Pegi, yang saat ini sudah ditangkap. “Ya itu sudah kami dalami, ternyata yang atas nama Dani dan Ade itu tidak ada. Yang benar DPO hanya satu, atas nama PS ini,” pungkas Surawan.

Bantah Keterlibatan Anak Pejabat

Surawan membantah ada anak pejabat yang terlibat dalam pembunuhan Vina Cirebon. Ini menjawab sosok otak pembunuhan Vina yang disebut anak pejabat dan menyebabkan butuh waktu lama menangkapnya.

“Perlu saya sampaikan di sini bahwa tidak ada anak pejabat terlibat di sini. Kami sangat kooperatif dan transparan terkait penyidikan ini.  Jadi tidak kita berasumsi maupun di medsos dan sebagainya terhadap penyelidikan yang kita dilakukan, kita berpedoman kepada fakta bukan asumsi ya,” katanya.

Surawan mengatakan, dengan ditangkapnya Pegi maka seluruh DPO pelaku pembunuhan dan penganiayaan Vina sudah ditangkap seluruhnya. “DPO ya hanya 1, PS. Terkait apa pun yang disampaikan ya itu terserah silakan, tetapi kami tetap berpegangan atau berpatokan pada fakta penyidikan,” katanya.

Sebelumnya, isu bahwa Pegi merupakan anak seorang pejabat sempat ramai saat kasus ini terungkap 8 tahun silam.

Dugaan bahwa Pegi merupakan anak seorang pejabat inilah yang diduga menjadi alasan mengapa Pegi sempat buron selama 8 tahun.

Kini kasusnya pun kembali menjadi sorotan publik imbas kisah Vina Cirebon diadaptasi menjadi film. Pegi ditangkap pada Selasa (21/5/2024) di kawasan Jalan Kopo, Kota Bandung, Jawa Barat, pukul 18.23 WIB.

Selama menjadi buron, pria asal Cirebon tersebut bekerja sebagai buruh bangunan dan tinggal bersama ayah kandungnya. Saat ditangkap polisi juga mengantongi beberapa barang bukti, di antaranya ijazah, buku rapor, dan akta lahir atas nama Pegi Setiawan.

Polisi menyebut, Pegi merupakan anak mandor proyek bangunan. Pagi juga kerap diajak ayahnya untuk bekerja sebagai tukang bangunan. rmo, ins

 

Related posts

Jokowi Kena Ultimatum BEM UI untuk Mundur atau Berdarah-darah, Rocky Gerung Sebut Itu Bukan Makar

redaksiWD

Wanita Dompu Menikah Sendirian, Mempelai Pria Kabur Jelang Akad

redaksiWD

Jokowi Ajak Warga Tionghoa Optimistis di Hari Raya Imlek 2572

redaksiWD