wartadigital.id
Headline Manca

Dituduh Lecehkan 11 Perempuan, Gubernur New York Mengundurkan Diri

Gubernur New York Andrew Cuomo

NEWYORK (wartadigital.id) –  Gubernur New York Andrew Cuomo mengundurkan diri menyusul penyelidikan yang menemukan bahwa dia melakukan pelecehan seksual terhadap 11 perempuan, Selasa (10/8/2021) waktu setempat.  Dia juga menghadapi tekanan hukum yang meningkat.

Tidak hanya itu, Cuomo juga dituntut oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden untuk mundur dari jabatannya. Ini merupakan sebuah kejatuhan yang mengejutkan bagi sebuah pria yang pernah dilihat sebagai calon Presiden AS.

Cuomo, seorang politikus Partai Demokrat yang menjabat sejak 2011 sebagai gubernur negara bagian AS berpenduduk terpadat keempat, membuat pengumuman setelah Jaksa Agung New York Letitia James pada 3 Agustus merilis hasil penyelidikan independen selama lima bulan. Hasil penyelidikan menyimpulkan bahwa dia telah terlibat dalam tindakan kriminal yang melanggar hukum AS dan negara bagian.

Dalam pidato 20 menit yang disiarkan televisi, Cuomo sekali lagi membantah melakukan kesalahan, meskipun dia mengatakan dia menerima “tanggung jawab penuh” karena menyinggung para wanita melalui apa yang dia sebut sebagai upaya yang salah untuk menunjukkan kasih sayang atau humor.

Dia mengatakan dia telah menyimpulkan bahwa melawan tuduhan sambil tetap menjabat akan melumpuhkan pemerintah negara bagian dan merugikan pembayar pajak jutaan dolar pada saat pandemi virus Corona masih menjadi ancaman besar.

“Saya pikir, mengingat situasinya, cara terbaik yang dapat saya bantu sekarang adalah jika saya minggir dan membiarkan pemerintah kembali ke pemerintah. Oleh karena itu, itulah yang akan saya lakukan,” kata Cuomo seperti dikutip AFP, Rabu (11/8/2021).

Cuomo menambahkan bahwa pengunduran dirinya akan berlaku dalam 14 hari. Penyelidikan, yang dirinci dalam laporan setebal 168 halaman, menemukan bahwa Cuomo meraba-raba, mencium, atau membuat komentar sugestif kepada wanita termasuk saat ini dan mantan pekerja pemerintah dan salah satunya adalah polisi setempat.  Cuomo juga melawan setidaknya kepada satu wanita yang menuduhnya melakukan pelanggaran seksual.

Letnan Gubernur Kathy Hochul, seorang Demokrat dari New York akan mengambil alih jabatan sebagai gubernur negara bagian yang berpenduduk lebih dari 19 juta orang hingga akhir masa jabatan Cuomo pada Desember 2022. Sebagaimana diuraikan dalam konstitusi negara bagian, dia menjadi wanita pertama yang memegang jabatan tersebut.

Pengunduran diri Cuomo menandai kedua kalinya dalam 13 tahun bahwa seorang gubernur New York telah mengundurkan diri dalam skandal, setelah Eliot Spitzer berhenti pada 2008 karena perlindungannya terhadap pelacur. Cuomo juga menjadi orang kuat terbaru yang diturunkan dalam beberapa tahun terakhir setelah munculnya gerakan sosial #MeToo melawan pelecehan dan pelecehan seksual yang telah mengguncang politik, Hollywood, dunia bisnis, dan tempat kerja.

Pengunduran dirinya menghindarkan Cuomo dari kemungkinan pemecatan dari jabatannya melalui proses pemakzulan di badan legislatif negara bagian. Investigasi pemakzulan yang sedang berlangsung hanya berjanji untuk mengintensifkan.

Pria berusia 63 tahun itu terpilih untuk tiga periode sebagai gubernur, seperti mendiang ayahnya, Mario Cuomo. Dia sebelumnya menjabat sebagai Menteri Departemen Perumahan dan Pembangunan Perkotaan AS dari 1997 hingga 2001 di bawah mantan Presiden Bill Clinton.

Seperti ayahnya, Andrew Cuomo tidak pernah mencalonkan diri sebagai presiden meskipun ada spekulasi tentang kemungkinan ambisinya. Dia menjadi terkenal secara nasional tahun lalu di awal pandemi Covid-19 setelah memberikan konferensi pers harian ketika negara bagiannya menjadi pusat krisis kesehatan masyarakat AS.

Penyelidikan sipil menemukan bahwa tindakan Cuomo dan penasihat seniornya melanggar beberapa undang-undang negara bagian dan federal, tetapi Jaksa James tidak mengajukan tuntutan pidana. Jaksa setempat bebas melakukannya, artinya Cuomo masih bisa menghadapi bahaya hukum.

Jaksa lokal di Manhattan, Nassau County, Albany County dan Westchester County mengatakan, setelah rilis laporan bahwa mereka sedang menyelidiki masalah ini dan telah meminta bukti dari penyelidikan independen. Walikota New York City mengatakan Cuomo harus menghadapi tuntutan pidana.

Cuomo telah berbulan-bulan membantah tuduhan pelecehan seksual dan memperbarui penolakan itu setelah laporan investigasi dikeluarkan. Tapi apa yang tersisa dari dukungan politiknya hancur setelah temuan itu dipublikasikan.

Politikus Demokrat terkemuka lainnya termasuk dua senator negara bagian AS, Chuck Schumer dan Kirsten Gillibrand, dan Ketua DPR AS Nancy Pelosi juga bergabung dalam menyerukan bintang partai itu untuk mengundurkan diri.

Penyelidik menyimpulkan bahwa Cuomo dan ajudannya menciptakan tempat kerja yang ‘beracun’ dan ‘bermusuhan’ di kantor yang dicekam oleh intimidasi, ketakutan, dan intimidasi. Keluhan tentang pelecehan seksual muncul setelah kritik yang lebih luas oleh politisi Demokrat di New York bahwa Cuomo diatur melalui intimidasi.

Cuomo tahun lalu tampak sebagai politisi yang sedang naik daun, menampilkan dirinya sebagai tokoh berwibawa dalam konferensi pers televisi tentang pandemi. Citranya dipoles oleh wawancara televisi dengan adiknya, pembawa acara CNN Chris Cuomo.

Tak lama setelah Jaksa James merinci temuan, Cuomo, ayah dari tiga anak perempuan dewasa, mengeluarkan pernyataan video di mana dia menegaskan tidak pernah menyentuh siapa pun secara tidak pantas atau membuat kemajuan seksual yang tidak pantas.

Dalam video itu, dia mengindikasikan tidak punya rencana untuk mengundurkan diri, menyebutkan secara khusus perang melawan pandemi.

Jajak pendapat Marist yang dirilis sehari setelah laporan itu dikeluarkan menunjukkan bahwa 59 persen warga New York ingin Cuomo mengundurkan diri, dibandingkan dengan 32 persen yang mengatakan dia harus menjalani masa jabatannya dan 9 persen yang tidak yakin. Namun, di antara Demokrat, hanya 52 persen yang mendukung pengunduran diri. afp, med

Related posts

Jelang HUT ke-76 Kemerdekaan RI, DPRD Sampang Gelar Rapat Paripurna Dengarkan Pidato Kenegaraan Presiden

redaksiWD

Penghasilan di Atas Rp 5 Miliar Setahun Bakal Kena Pajak 35 Persen

redaksiWD

Rektor Unair Ingatkan Wisuda adalah Terminal, Segera Lanjutkan Perjalanan Menuju Tujuan Hidup

redaksiWD