wartadigital.id
Headline Manca

Donald Trump Menyerahkan Diri

CNN
Donald Trump

 

WASHINGTON (wartadigital.id)  – Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump terbang dari New Jersey pada Kamis (24/8/2023) waktu setempat untuk diambil fotonya di penjara Atlanta. Itu sebagai bagian dari kasus kriminal luas yang berasal dari upaya mantan presiden AS untuk membalikkan kekalahannya dalam pemilu tahun 2020 di Georgia.

Pesawat pribadi Trump berangkat dari Bandara Internasional Newark saat ia menuju Penjara Fulton County, tempat puluhan pendukungnya menunggu kedatangannya. Dia mengatakan di media sosial bahwa dia akan menyerah sekitar pukul 19.30 waktu setempat.

Sementara itu, Hakim Scott McAfee menetapkan tanggal persidangan pada 23 Oktober untuk salah satu terdakwa, pengacara Kenneth Chesebro, setelah Jaksa Wilayah Fulton County Fani Willis, yang mengajukan tuntutan terhadap Trump dan lainnya, mengusulkan tanggal tersebut.

Tanggal persidangan tersebut belum tentu berlaku untuk Trump atau  17 terdakwa lainnya. Trump, 77 tahun, telah memasuki masa yang belum pernah terjadi sebelumnya sebagai mantan presiden AS pertama yang menghadapi tuntutan pidana. Meskipun empat kasus yang diajukan terhadapnya tidak memperlambat momentumnya sebagai kandidat terdepan dalam persaingan nominasi Partai Republik untuk mencalonkan diri melawan Presiden Demokrat Joe Biden pada pemilu tahun depan.

Kini pengusaha yang berubah menjadi politisi yang selama bertahun-tahun menjadi pembawa acara reality show TV ini akan bergabung dengan barisan gangster Al Capone, penyanyi Frank Sinatra dan orang Amerika terkenal lainnya yang telah berpose untuk foto-foto di penjara. “Kami ingin memakainya di kaus. Ini akan tersebar ke seluruh dunia. Ini akan menjadi gambar yang lebih populer daripada Mona Lisa,” kata Laura Loomer (30), mantan kandidat anggota Kongres dari Partai Republik yang berbaur dengan pendukung Trump lainnya di luar penjara.

Salah satu orang yang paling dikenal di dunia, Trump tidak pernah dimintai foto dalam tiga kasus lainnya. Namun foto-foto palsu telah beredar secara online tak lama setelah dia pertama kali didakwa di Manhattan pada Maret atas tuduhan melibatkan uang tutup mulut yang dibayarkan kepada seorang bintang porno menjelang pemilu 2016.

Setidaknya 10 orang terdakwa lainnya sudah didakwa. Rudolph Giuliani, mantan Walikota New York, berwajah kaku dalam fotonya sementara pengacara Jenna Ellis tersenyum. Ke-19 terdakwa menghadapi batas waktu Jumat untuk menyerah. Catatan pengadilan menunjukkan bahwa Mark Meadows, yang menjabat sebagai kepala staf Gedung Putih Trump, didakwa pada Kamis.

Trump menghadapi 13 dakwaan kejahatan dalam kasus Georgia, termasuk pemerasan, yang biasanya digunakan untuk menargetkan kejahatan terorganisir, karena menekan pejabat negara untuk membatalkan kekalahannya dalam pemilu dan menyiapkan daftar pemilih yang tidak sah untuk melemahkan sertifikasi formal kongres atas kemenangan Biden.

Sementara itu, Willis awalnya mengusulkan tanggal persidangan pada 4 Maret, namun dipindahkan setelah Chesebro meminta agar persidangannya dimulai pada Oktober. Tim hukum Trump belum mengusulkan tanggalnya, namun diperkirakan akan menundanya.

Pada Kamis, pengacara barunya, Steven Sadow, meminta agar Trump diadili secara terpisah dari Chesebro. Trump dijadwalkan mengajukan pembelaan pada 5 September dan mengaku tidak bersalah dalam tiga kasus lainnya. Dia membantah melakukan kesalahan dan menyebut semua kasus tersebut bermotif politik. Selain dakwaan di negara bagian New York yang diajukan oleh Jaksa Wilayah Manhattan, Alvin Bragg, Trump juga menghadapi dua dakwaan federal yang diajukan oleh Penasihat Khusus Jack Smith – satu kasus di Washington yang melibatkan campur tangan pemilu dan satu lagi di Miami yang melibatkan dokumen rahasia yang ia simpan setelah berhenti menjabat pada tahun 2017.

Administrasi Penerbangan Federal memerintahkan agar wilayah udara di atas penjara ditutup mulai sekitar pukul 18.45, dengan alasan “gerakan VIP”. Penjara ini terkenal dengan kondisinya yang suram sehingga menginspirasi lagu-lagu rap dan mendorong penyelidikan oleh Departemen Kehakiman AS. Partai Republik yang mengendalikan Dewan Perwakilan Rakyat AS mengatakan pada Kamis bahwa mereka akan menyelidiki apakah Willis melakukan koordinasi yang tidak tepat dengan jaksa federal. Mereka sebelumnya melancarkan penyelidikan terhadap Bragg, yang menuduh mereka melakukan “kampanye intimidasi”.

Puluhan pendukung Trump, beberapa di antaranya memegang bendera, berkumpul di luar penjara menunggu kedatangannya. “Saya di sini karena saya terkejut dengan apa yang terjadi,” kata Bob Kunst (81), seorang pensiunan yang mengatakan dia berkendara dari Miami Beach dan berdiri di luar penjara dengan tanda buatan sendiri bertuliskan “Kunci Biden”.

Rencana kunjungan Trump ke penjara terjadi sehari setelah para pesaingnya dalam persaingan nominasi presiden dari Partai Republik bertemu di Milwaukee untuk debat awal mereka. Trump melewatkan acara tersebut dan malah mengikuti rekaman wawancara dengan komentator konservatif Tucker Carlson di X, platform yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter. “Saya sudah didakwa empat kali – semuanya omong kosong belaka,” kata Trump. sin, ins

Related posts

Tim AMIN Temukan Bukti Penggelembungan Suara di 36 Provinsi, Paslon 2 Dimark-up hingga 65%

redaksiWD

Perdana Senam Bareng ASN, Sekdaprov Adhy Ingatkan Olahraga jadi Salah Satu Cara Buat Bahagia

redaksiWD

Miliki 53 Mesin Hemodialisis, RSUD Sidoarjo Siap Terima Limpahan 85 Pasien Cuci Darah

redaksiWD