wartadigital.id
Madura

Festival Jaran Serek, Jaga Tradisi dan Bangkitkan Cinta Budaya Sumenep

Masyarakat tampak antusias menyaksikan Festival Jaran Serek di lapangan Giling

SUMENEP (wartadigital.id) – Tradisi budaya Kabupaten Sumenep kembali semarak dengan terselenggaranya Festival Jaran Serek, di Lapangan Giling, Minggu (19/5/2024).

Festival ini menampilkan 60 kuda yang dihias dengan kain-kain cantik dan pernak-pernik menarik, menari mengikuti alunan musik tradisional saronen dan dipandu oleh pelatih yang mengenakan pakaian khas Madura yakni Sakera.

Wakil Bupati Sumenep Dewi Khalifah mengatakan, Festival Jaran Serek merupakan tradisi budaya yang perlu terus dilestarikan. Festival ini menjadi bukti kekayaan budaya Sumenep yang harus dijaga dan diturunkan kepada generasi muda.

“Ketertarikan generasi muda inilah yang menjadi tujuan utama diadakannya festival budaya yang ada di Kabupaten Sumenep,” ungkap Wabup dalam sambutannya saat membuka acara.

Melalui Festival Jaran Serek ini, diharapkan dapat menjadi daya tarik wisata yang dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Sumenep. Selain itu, festival ini juga dapat menjadi sarana untuk memperkenalkan budaya Sumenep kepada masyarakat luas.

Antusiasme masyarakat Kabupaten Sumenep terhadap festival ini sangat tinggi. Hal tersebut dibuktikan dengan penuhnya Lapangan Giling oleh masyarakat sejak pagi sebelum acara dimulai.

“Saya senang Pemerintah Kabupaten Sumenep mengadakan banyak festival dengan tema budaya, sehingga generasi-generasi yang akan datang juga tahu kalau Sumenep kaya akan tradisi,” kata Rudi, salah satu penonton Festival Jaran Serek.

Bagi generasi muda, festival ini menjadi sarana untuk mengenal dan mencintai budaya Kabupaten Sumenep. ume

Related posts

Abah Ab Buka Sekolah Anggaran DPD KNPI Sampang

redaksiWD

Jaka Jatim dan MDW Gelar Aksi Demo Tuntut Polres Sampang Ungkap Mafia Pupuk

redaksiWD

Pemkab Sampang Gelar Safari Ramadan di Kecamatan Pangarengan

redaksiWD