wartadigital.id
Headline Manca

Gempa Guncang Afganistan, 920 Orang Dikabarkan Tewas

Sedikitnya 920 orang tewas dan ratusan orang terluka dalam gempa yang melanda Provinsi Paktika timur Afganistan, Rabu (22/6/2022).

 

KABUL (wartadigital.id)  – Kantor berita pemerintah Afghanistan melaporkan, sedikitnya 920 orang tewas dan  ratusan orang terluka dalam gempa yang melanda Provinsi Paktika timur, Rabu (22/6/2022) pagi. Gempa itu terjadi sekitar 44 km dari kota Khost, dekat perbatasan Pakistan, pada kedalaman 51 km, kata Survei Geologi AS. Gempa itu juga menyebabkan terjadinya tanah longsor dan robohnya rumah-rumah.

“Goncangan kuat dan panjang,” seorang penduduk ibukota Afghanistan, Kabul, memposting di situs European Mediterranean Seismological Center (EMSC). Foto-foto di media Afghanistan menunjukkan rumah-rumah menjadi puing-puing.

Pemimpin Taliban Hibatullah Akhundzada mengatakan ratusan rumah hancur dan jumlah korban tewas kemungkinan akan bertambah.

Dilansir dari BBC, Wakil Menteri Penanggulangan Bencana Sharafuddin Muslim mengatakan sedikitnya 920 orang telah tewas dan 600 lainnya terluka. Gempa itu terjadi sekitar 44 km (27 mil) dari kota tenggara Khost tak lama setelah pukul 01.30 waktu setempat (21.00 Selasa GMT), ketika banyak orang berada di rumah, tertidur di tempat tidur mereka.

Para pejabat Taliban menyerukan badan-badan bantuan untuk bergegas ke daerah-daerah yang terkena dampak di timur negara itu. Getaran terasa di lebih dari 500 km Afghanistan, Pakistan dan India. Saksi mata melaporkan merasakan gempa di ibukota Afghanistan, Kabul, serta ibukota Pakistan, Islamabad. Namun, belum ada laporan segera mengenai korban, dan gempa tersebut menyebabkan sedikit kerusakan di Pakistan, menurut BBC Urdu.

Afghanistan rentan terhadap gempa, karena terletak di wilayah yang aktif secara tektonik, melalui sejumlah jalur patahan termasuk sesar Chaman, sesar Hari Rud, sesar Badakhshan Tengah dan sesar Darvaz. Dalam 10 tahun terakhir, lebih dari 7.000 orang tewas dalam gempa bumi di negara itu, Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan melaporkan. Ada rata-rata 560 kematian setahun akibat gempa bumi. sin, ins

Related posts

Kebakaran Hutan di Turki, 4 Tewas dan Ribuan Wisatawan Dievakuasi

redaksiWD

Dihadiri Orangtua Wali Murid, SMK Negeri 2 Sampang Gelar Pembekalan Praktik Kerja Lapangan

redaksiWD

Hand Sanitizer Berbahan Lendir Bekicot Karya Tim Liputan Unair Lolos Pendanaan PKM 2021

redaksiWD