wartadigital.id
Headline Pantura

Harga Gabah Anjlok, Bupati Lamongan Datangi Bulog

Bupati Lamongan Yuhronur saat mengunjungi gudang Bulog di Lamongan.

LAMONGAN (wartadigital.id) – Ancaman harga gabah bakalan anjlok mulai meresahkan Bupati Lamongan Yuhronur Efendi. Untuk memastikan harga gabah bisa tetap stabil, bupati pun langsung mendatangi gudang Bulog di Lamongan, Selasa (9/3/2021).

Dalam kunjungannya, bupati meminta kepada Bulog dan seluruh pengelola lumbung padi untuk menyerap hasil panen padi di wilayahnya. “Bulog dan seluruh lumbung padi di Lamongan agar segera menyerap hasil panen padi petani. Selain untuk menjaga ketahanan pangan, apalagi Kabupaten Lamongan adalah salah satu lumbung padi nasional, juga untuk menjaga harga jual gabah agar tidak anjlok sehingga petani tidak merugi,” ujar Yuhronur saat melakukan kunjungan ke Bulog Lamongan.

Apalagi menurutnya saat ini di akhir Maret adalah puncak-puncaknya panen padi. Dari data yang dihimpun oleh Dinas TPHP, luas tanam padi bulan Oktober 2020 sampai dengan Februari 2021 yakni seluas 69.632 hektare.

Luas panen padi dari Januari hingga Februari 2021 seluas 12.926 hektare. Sedangkan produksi padi sampai dengan Februari 2021 sebanyak 98.238 ton. Jadi provitas padi sat ini telah mencapai 7,6 ton.

“Saat ini harga Gabah Kering Panen (GKP) berkisar Rp 3.900 sampai dengan Rp. 4.100 per kilogram. Sedangkan Gabah Kering Giling (GKG) Rp 5.200 sampai dengan 5.300 per kilogram. Kita menjaga agar harganya tidak turun,” imbuhnya.

Upaya ini, kata bupati, juga sebagai bentuk dukungan program yang telah dicanangkan oleh Pemkab Lamongan. “Ini juga sebagai langkah mendukung program Ayo Beli Produk Lamongan. Jika penyerapan dan daya beli terhadap gabah atau beras lamongan meningkat maka dengan sendirinya harga jualnya akan meningkat,” imbuhnya.

Di Kabupaten Lamongan sendiri terdapat 603 lumbung padi di 27 kecamatan dengan 12 berstatus maju, 214 berstatus berkembang, dan 377 lainnya berstatus perintis.  sur, bgs

 

Related posts

BPIPI Gandeng ITS Kerjasama Tingkatkan Potensi Industri Alas Kaki

redaksiWD

Peran di Dunia Keteknikan Makin Diakui, Enam Dosen ITS Terpilih Menjadi Anggota Baru AIR-AIPI

redaksiWD

FK Unair Raih Dua Penghargaan Internasional pada Gelaran SIMPIC 2021

redaksiWD