wartadigital.id
Ekbis

Kampung Mandar Fish Market Binaan PLN Raih Penghargaan dari Kemendesa PDTT

Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar kepada General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur Agus Kuswardoyo.

 

JAKARTA (wartadigital.id) – Kampung Mandar Fish Market Banyuwangi binaan PT PLN (Persero) raih penghargaan kategori Gold dalam kegiatan CSR dan PDB (Pengembangan Desa Berkelanjutan) Awards 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT). Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar kepada General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur Agus Kuswardoyo.

Dalam sambutannya, Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin mengatakan acara yang digelar bekerjasama dengan Indonesian Social Sustainability Forum (ISSF) ini bertujuan untuk mengapresiasi perusahaan maupun perseorangan yang terus berkomitmen dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) dan terus membantu pemerintah untuk memajukan kesejahteraan masyarakat desa.

“Selamat kepada penerima penghargaan, agar terus menunjukkan kinerja terbaiknya membangun ekonomi pedesaan berbasis kearifan lokal. Tingkatkan inovasi dan optimalkan pemberdayaan masyarakat menciptakan lapangan kerja berkesinambungan. Ke depannya agar target penerima manfaat harus tepat dan bermanfaat untuk mendukung pembangunan yang inklusif dan ramah lingkungan,” papar Ma’ruf Amin dalam keterangan resmi, Selasa (7/5/2024).

Mandar Fish Market merupakan program binaan PLN Peduli sejak tahun 2022. Melalui pendampingan, dukungan prasarana dan pengembangan lainnya, masyarakat dan Usaha Mikro Kecil (UMK) di Kampung Mandar mampu meningkatkan perekonomian hingga kesejahteraan. Sebelumnya, Mandar Fish Market juga mendapatkan pengakuan nasional pada Juli 2023, penghargaan Nusantara CSR Award pada kategori Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.

Lurah Kampung Mandar, Achmad Saichu mengungkapkan bahwa saat ini wilayah Kampung Mandar semakin ramai kunjungan wisatawan dimana hal ini turut meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, dan efek positif ini salah satunya disebabkan keberadaan Fish Market Kampung Mandar.

“Kampung Mandar membawa pengaruh dan dampak positif terhadap ekonomi lokal, tidak hanya menumbuhkan pengusaha-pengusaha di sekitar namun juga masyarakat juga banyak yang memiliki inisiatif untuk membuka usaha yang sama,” terang Saichu.

General Manager PLN UID Jawa Timur Agus Kuswardoyo menerangkan Kampung Mandar Fish Market merupakan satu dari beberapa kegiatan masyarakat di Jawa Timur yang didukung sepenuhnya oleh PLN melalui PLN Peduli. Selain di Banyuwangi terdapat beberapa lokasi lainnya yang juga mendapat pendampingan dari PLN.

“Sejak awal pendampingan hingga rencana exit strategy pada tahun 2025 mendatang, PLN membersamai masyarakat kampung Mandar dari yang sebelumnya wilayah kumuh menjadi destinasi utama di Banyuwangi,” papar Agus.

Ke depan tak hanya berfokus pada pemberdayaan masyarakat dan penguatan ekonomi, pada tahun 2024, di kawasan ini PLN akan fokus melakukan pendampingan konservasi alam pemeliharaan ekosistem laut dan wisata bahari serta ekspansi usaha kuliner. hdi

Related posts

Global Bond BNI Oversubscribe 6,4 Kali, Bukti Kepercayaan Investor Tinggi

BPJS Kesehatan Jadi Syarat Urus Layanan Publik, Begini Solusi bagi Peserta Non Aktif

redaksiWD

Hyundai Tambah Jaringan Dealer di Provinsi Jawa Barat dan Nusa Tenggara Timur

redaksiWD