wartadigital.id
Headline Mataraman

MAKI Jatim Hadiri Kirab dan Jamas Pusaka di Desa Ngliman, Sayangkan Ketidakhadiran Bupati – Wabup Nganjuk

Prosesi Kirab dan Jamas Pusaka Desa Ngliman, Nganjuk, Jumat (11/8/2023).

 

NGANJUK (wartadigital.id) – Prosesi Kirab dan Jamas Pusaka Desa Ngliman, Sedudo, Nganjuk, Jumat (11/8/2023) dihadiri Gubernur Jatim yang diwakili Kepala Dinas PMD Jatim Ir  Budi Sarwoto MM. Sementara  Bupati serta Wakil Bupati dan OPD di lingkungan Pemkab Nganjuk malah absen dalam kegiatan ini.

Kegiatan rutin tahunan yakni Kirab Pusaka dan Jamas Pusaka berakhir hari ini. Kegiatan sudah dimulai sejak 3 Agustus 2023, yang diawali dengan acara prosesi Siraman Air Terjun Sedudo.

Kepala Dinas PMD Jatim Ir  Budi Sarwoto MM membacakan sambutan Gubernur Jatim dalam Kirab dan Jamas Pusaka. Dalam sambutannya, Gubernur Khofifah mengajak semua masyarakat untuk lebih menghargai kegiatan adat budaya, selalu mengedepankan semangat gotong royong dan kebersamaan yang menjadi gambaran masyarakat Jawa Timur pada Umumnya.

Gubernur Khofifah juga mengingatkan pentingnya sinergitas kebersamaan yang telah terjalin dengan erat, kebersamaan Lembaga Adat, LPMD, yang tergabung dalam PKK, Forkopimda akan selalu menjadi ujung tombak dalam menjaga harmonisasi kebersamaan dan kerukunan antar masyarakat.

Sementara agenda tahunan bersih Desa Ngliman ini sudah terlaksana kesekian kalinya,diawali dengam prosesi mandi siraman pada 3 Agustus lalu. Kemudian dilanjutkan dengan Kirab Pusaka, dimana Pusaka Desa diarak keliling semua pojok desa dan diakhiri dengan Jamas ( penyucian) pusaka. Nantinya setelah prosesi Jamas Pusaka, pusaka akan dikembalikan ke Balai Penyimpanan Pusaka Desa Ngliman.

Adapun pusaka-pusaka yang dikirab dan dilakukan Jamas Pusaka adalah Pusaka Kiai Kembar,Pusaka Kiai Bondan, Pusaka Kiai Jogotruno, Kiai Bethik, Kiai Raden Panji dan Kiai Dukun.

Lembaga adat yang berperan langsung dalam melakukan giat Kirab dan Jamas Pusaka terbagi menjadi 3 kelompok, yaitu Kelompok Penggendong, Kelompok Pemayung dan Kelompok Penjamas.

Aura mistis sangat terlihat dalam prosesi Jamas Pusaka. Dengan diiringi doa dan niat tulus,semua pihak dan undangan serta warga masyarakat terlihat sangat antusias mengikuti prosesi Jamas Pusaka. Setelah prosesi Jamas Pusaka,  dilaksanakan acara Bazar UMKM dan Live Musik panggung dan ditutup dengan Pagelaran Wayang Kulit dengan dalang Ki Anom Dwijokangko.

Di tengah kesakralan giat Kirab dan Jamas Pusaka, Ketua MAKI (Masyarakat Anti Korupsi) Jatim Heru Satriyo menyayangkan ketidakhadiran Bupati dan Wakil Bupati Nganjuk.  “Saya hadir bersama pengurus MAKI, saya ikut acaranya dan saya bangga bagaimana Gubernur Jawa Timur memberikan atensi dan perhatiannya lewat Kadis PMD Jatim dengan sambutan yang langsung ditandatangani oleh Gubernur Jawa Timur,” ungkap Ketua MAKI Jatim Heru Satriyo.

Heru mengaku, dia heran kenapa Bupati atau Wakil Bupati Nganjuk malah tidak hadir dalam event wisata di daerahnya sendiri.  “Ini menjadi catatan utama MAKI Jatim secara kelembagaan. Seharusnya spirit kebanggaan budaya dan agenda Wisata Nasional Kabupaten Nganjuk lewat giat Kirab dan Jamas Pusaka Desa Ngliman menjadi perhatian serius Bupati Nganjuk yang saat ini sudah definitif,” jelas Heru.

Pada giat Kirab dan Jamas Pusaka tahun ini, secara khusus Ketua MAKI Jatim mendapat undangan untuk hadir an bersama beberapa pengurus MAKI, Heru menyempatkan diri untuk hadir bersama di tengah kerumunan warga Desa Ngliman.

Atas kejadian ini, Heru menyebutkan secara khusus MAKI Jatim akan berkirim surat kepada Bupati Nganjuk untuk permohonan audiensi, sekaligus MAKI Jatim akan melakukan sedikit pengawasan melekat terhadap anggaran bina UKM/UMKM serta anggaran pariwisata dan budaya Kabupaten Nganjuk. ”Selamat dan sukses untuk semua panitia,pejabat di lingkungan Kecamatan Sawahan dan Pemerintah Desa Ngliman Kabupaten Nganjuk dalam giat Kirab dan Jamas Pusaka, teriring doa terbaik bagi masyarakat Desa Ngliman dan Desa sekitar Ngliman,” tutup Heru. sis

Related posts

BP-AKR Resmikan 2 Gerai SPBU Baru dalam Sebulan

redaksiWD

Rakor Bersama Mendagri dan Kabapanas, Pj Gubernur Adhy  Siap Kendalikan Inflasi, Pastikan Stok dan Harga Pangan Aman Jelang Ramadan di Jatim

redaksiWD

Ini Harapan Waketum MUI Anwar Abbas atas Terpilihnya Gus Yahya

redaksiWD