wartadigital.id
Headline Kesehatan

National Hospital Buka Layanan Tes Covid-19 di Beberapa Lokasi

Seorang peserta tengah menjalani tes Covid-19 di Point of Care Jl Biliton.

SURABAYA (wartadigital.id) – Sebagai upaya untuk menciptakan kenyamanan pada masyarakat yang ingin menjalani tes Covid-19, National Hospital Surabaya membuka Point of Care (PoC). Sebagaimana dikatakan dr Reyhandi Ermawan Sardjono, di PoC yang sudah dibuka di Jl Biliton ini, masyarakat bisa melakukan tes Swab PCR, Saliva PCR (PCR berbasis air liur) dan Swab Antigen.
“Sebagai nilai tambahnya, seluruh layanan tersebut dapat dinikmati dengan model drive thru atau tidak perlu turun dari kendaraan. Hal ini didesain agar peserta tes dapat melakukan tes dengan cepat dan praktis,” ujarnya dalam rilisnya Selasa (2/3/2021).

Untuk mengikuti tes di PoC ini, peserta dapat melakukan booking melalui National Hospital Mobile terlebih dulu. Cukup menunjukkan barcode ketika sampai di lokasi, maka peserta bisa langsung dilayani. “Layanan komprehensif ini dihadirkan sebagai upaya lebih mendekatkan diri ke masyarakat,” kata Reyhandi.

Dokter yang bertugas di PoC Jl Biliton ini mengungkap, menangani Covid-19 bagi negara berpopulasi besar seperti Indonesia memberikan tantangan tersendiri. Salah satunya untuk mencapai tingkat pelaksanaan tes sesuai yang direkomendasikan Badan Kesehatan Dunia (WHO). “Hal ini menjadi tantangan dikarenakan beragamnya demografi masyarakat dan kondisi geografis Indonesia. Untuk itu, diperlukan suatu upaya dengan pendekatan yang berbeda, di mana tes Covid-19 harus dilakukan dengan nyaman dan praktis,” ujarnya.

Setelah PoC Jl Biliton, National Hospital Surabaya berancang-ancang membuka lokasi baru di kawasan Surabaya Timur yaitu di Kalijudan. Dengan begitu masyarakat yang hendak melakukan tes di National Hospital cukup mendatangi PoC terdekat dan segera terlayani dengan standar pelayanan terbaik. “Lewat Point of Care ini, diharapkan aksesibilitas masyarakat ke fasilitas tes Covid-19 lebih mudah dan mendukung meningkatnya jumlah tes yang dilakukan di Surabaya,” pungkasnya. les

Related posts

Tim Barunastra ITS Sabet Juara I dalam COMET 2021

redaksiWD

Pembukaan Latpimnas II, Gubernur Khofifah Minta Pejabat Tinggi Pratama Kerja Cepat, Detil dan Presisi Tinggi

redaksiWD

FK UNAIR Borong 3 Penghargaan dalam IMEDIST Malaysia

redaksiWD