wartadigital.id
Headline Nasional

Pemerintah Bakal Berlakukan PPKM Darurat di 6 Provinsi, Termasuk Jatim

Istimewa
Ilustrasi saat penerapan PSBB di Jakarta beberapa waktu lalu.

JAKARTA (wartadigital.id)  – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan PPKM Darurat akan diterapkan di 6 provinsi dan 44 kabupaten dan kota di Indonesia. PPKM itu sendiri akan dilakukan di Pulau Jawa dan Bali. Enam provinsi itu yakni Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jokowi belum bisa memastikan kapan PPKM Darurat akan diberlakukan.  Namun santer beredar akan diberlakukan mulai 2-20 Juli 2021. Dia  hanya menyampaikan bahwa PPKM Darurat ini diberlakukan di Pulau Jawa dan Bali yakni di 44 kabupaten/kota di 6 provinsi.

PPKM Darurat diperkirakan berlaku selama 1 atau 2 pekan. Hal ini diterapkan sebagai langkah mengantisipasi lonjakan kasus positif Covid-19 yang sangat tinggi dalam 1,5 bulan terakhir.

Kebijakan ini disebut masih dalam tahap finalisasi di bawah koordinasi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

“Kita melihat karena lonjakan yang sangat tinggi, untuk memutuskan diberlakukannya PPKM darurat. Tidak tahu keputusannya apakah seminggu atau dua minggu, karena petanya sudah kita ketahui semuanya,” kata Jokowi dalam sambutannya di Munas VIII Kadin di Kendari Sulawesi Tenggara, Rabu (30/6/2021).

PPKM Darurat yang berlaku selama 1-2 pekan ini, ujar Jokowi, hanya akan berlaku di Pulau Jawa dan Bali saja. Alasannya, di dua pulau ini terdapat 44 kabupaten/kota dan 6 provinsi yang asessmen situasinya memiliki skor 4.

Penilaian ini didapat dari situasi penularan kasus, tingkat keterisian tempat tidur di RS, tingkat kematian akibat Covid-19, dan respons terhadap testing, tracing, serta treatment di wilayah tersebut.

“Kita adakan penilaian secara detail yang ini harus ada treatment khusus sesuai dengan yang ada di indikator laju penularan oleh WHO,” kata Jokowi.

Presiden pun memberi contoh kasus di Jakarta Barat, DKI Jakarta. Dari peta penularan Covid-19 yang terlihat bahwa sebarannya sudah merata. Dengan kondisi ini, ujar Jokowi, maka pemerintah perlu mengambil keputusan cepat dan tegas untuk menekan penularan.

Untuk diketahui kasus Covid-19 di Indonesia belum menunjukkan tanda-tanda mereda, bahkan penambahan kasus baru mencapai 20 ribu dalam beberapa hari terakhir. Kondisi ini mengkhawatirkan di tengah kondisi rumah sakit di beberapa daerah yang semakin penuh, dan meningkatnya jumlah zona risiko tinggi (zona merah).

Pada Rabu (30/6/2021) hingga pukul 12.00, Kementerian Kesehatan mencatat jumlah kasus baru sebanyak orang 21.807. Dengan begitu total kasus Covid-19 yang ada di Indonesia mencapai 2,178 juta orang. Penambahan ini kembali menjadi rekor tertinggi setelah Minggu (26/6/2021) sebanyak 21.095. ren, cik

Daftar Kab/Kota di 6 Provinsi yang Kena PPKM Darurat

Banten

Tangerang Selatan

Kota Tangerang

 

Jawa Barat

Purwakarta

Kota Sukabumi

Kota Depok

Kota Cirebon

Kota Cimahi

Kota Bogor

Kota Bekasi

Kota Banjar

Kota Bandung

Karawang

Bekasi

 

DKI Jakarta

Jakarta Barat

Jakarta Timur

Jakarta Selatan

Jakarta Utara

Jakarta Pusat

 

Jawa Tengah

Sukoharjo

Rembang

Pati

Kudus

Kota Tegal

Kota Surakarta

Kota Semarang

Kota Salatiga

Kota Magelang

Klaten

Kebumen

Grobogan

Banyumas

 

Daerah Istimewa Yogyakarta

Sleman

Kota Yogyakarta

Bantul

 

Jawa Timur

Tulungagung

Sidoarjo

Madiun

Lamongan

Kota Surabaya

Kota Mojokerto

Kota Malang

Kota Madiun

Kota Kediri

Kota Blitar

Related posts

Peserta KLB Demokrat Kubu Moeldoko Buka Kartu, Diimingi Rp 100 Juta Cuma Dapat Rp 5 Juta

redaksiWD

Pengurus Dekranasda Kota Probolinggo Dilantik,  Jadi Momentum Dorong Inovasi Digital

redaksiWD

Gandeng Pemkab Sidoarjo, KPU RI Wujudkan Program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan

redaksiWD