wartadigital.id
Headline Nasional

PPKM Diperpanjang hingga 30 Agustus 2021, Sejumlah Daerah Alami Penurunan Level

Istimewa
Presiden Jokowi

 

JAKARTA  (wartadigital.id) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan masyarakat (PPKM) hingga  30 Agustus 2021 mendatang. Pada perpanjangan kali ini sejumlah daerah mengalami penurunan level PPKM.

“Wilayah Aglomerasi, Jabodetabek, Bandung Raya, Surabaya Raya dan beberapa wilayah kota dan kabupaten lainnya bisa berada di level 3 pada 24 Agustus,” ujarnya saat menggelar jumpa pers secara virtual, Senin (23/8/2021).

Khusus Pulau Jawa dan Bali, daerah dengan level 4 semakin berkurang. Sementara level 2 semakin bertambah. “Di Pulau Jawa Bali ada perkembangan yang cukup baik level 4 dari 67 berkurang menjadi 51. Level 3 dari 59 menjadi 67 kabupaten/kota. Dan level dari 2 kabupaten menjadi 10 kabupaten/kota,” jelasnya.

Sementara luar Jawa Bali, Jokowi juga mengatakan cukup baik perkembangannya. Namun dia mengingatkan harus tetap waspada.

“Untuk luar Jawa-Bali juga ada perkembangan yang membaik tapi tetap waspada. Level 4 dari 11 provinsi jadi 7 provinsi. Level 4 dari 132 kabupaten/kota menjadi 104 kabupaten/kota. Level 3 215 kabupaten/kota menjadi 234 kabupaten/kota. Level 2 dari 39 kabupaten/kota menjadi 48 kabupaten/kota,” pungkasnya.

Dijelaskan Jokowi, Indonesia mengalami tren perbaikan kasus Covid-19 setelah sebelumnya mengalami peningkatan tajam. Kasus positif di Tanah Air telah turun 78%. “Dengan titik puncak kasus pada 15 Juli 2021, kasus konfirmasi positif terus menurun dan sekarang ini sudah turun 78 persen,” ujarnya.

Jokowi memaparkan angka kesembuhan secara konsisten lebih tinggi dibanding penambahan kasus positif Corona. Hal itu terlihat selama beberapa pekan terakhir.

“Hal ini berkontribusi secara signifikan terhadap penurunan keterisian tempat tidur, BOR nasional yang saat ini berada pada angka 33 persen,” jelasnya.

Atas perbaikan kondisi ini, Presiden Jokowi memutuskan menurunkan level PPKM di sejumlah wilayah khususnya yang saling terhubung alias aglomerasi. Sedangkan kebijakan PPKM-nya terus diperpanjang mulai 24 hingga 30 Agustus 2021. set, ren

Related posts

Banyak Syarat, Biaya Umrah 1443 H Diprediksi Naik hingga Rp 60 Juta

redaksiWD

Kasus Positif Covid Hari Ini Sentuh Angka 47.899, Kasus Aktif Naik 26.912

redaksiWD

Bantu Percepatan Herd Imunity, Gubernur Khofifah Apresiasi Vaksinasi Massal Kejati Jatim

redaksiWD