wartadigital.id
Ekbis Headline

Produk AMJ Korda Gresik Diminati Pengunjung Jatim Fair 2021

Stan AMJ Korda Gresik di Pameran Jatim Fair 2021 di Grand City.

 

SURABAYA (wartadigital.id) – Pameran Jatim Fair 2021 yang digelar sebagai rangkaian Hari Jadi  ke-76 Provinsi Jatim resmi ditutup, Selasa (12/10/2021). Namun pameran ini menyisakan prestasi membanggakan bagi AMJ (Asosiasi Makanan Minuman Jawa Timur) Korda (Koordinator Daerah) Gresik. Bagaimana tidak, produk-produk yang dijual UMKM yang tergabung di AMJ Korda Gresik laris manis.

“Lumayan banyak pengunjung yang datang dan membeli,” kata Pemilik El61 Timur Ida Rochani, Selasa (12/10/2021) malam.

Timur menjelaskan sejumlah produk yang diminati di antaranya  sambal bandang asap, produk dari El61 (produsen aneka sambal di Gresik). Sambal itu dijual dengan harga Rp 25 ribu per botol.  “Sambel bandeng asap ini jadi best seller,” katanya.

El61 sendiri memproduksi sambal dengan 10 varian rasa, mulai sambal klotok, sambal bawang, sambal teri,  sambal tongkol asap, sambal cumi, sambal paru, sambal kepiting dan masih banyak lagi.

Menurut Timur, semua sambal dibuat secara homemade di Gresik dengan dibantu 3 karyawan yang berasal dari saudara sendiri. Bahan baku utama, cabai juga cukup dipasok dari Gresik. Meski semua dibuat secara lokal, namun sambel El61 ini juga sudah ekspansi keluar negeri. Belum sampai tahap ekspor, namun dibawa WNI yang akan keluar negeri baik sebagai oleh-oleh atau dimakan sendiri. Di antaranya dibawa ke Jepang, Turki, Hongkong dan Arab Saudi.

Untuk ekspor keluar negeri masih dalam pembelajaran. Namun ‘ilmu’ sudah didapat karena UMKM yang tergabung dalam AMJ Korda Gresik pernah dibekali Business Matching Bea Cukai. Di forum itu dipaparkan bagaimana cara menggaet pasar ekspor. “Pelan-pelan akan mengarah ke ekspor, fokus ke negara yang banyak ditinggali WNI baik yang bekerja atau belajar di luar negeri. Pelan-pelan dicoba di tengah pandemi,” kata Timur.

UMKM yang berpartisipasi dalam Pameran Jatim Fair 2021 di Grand City Surabaya.

Timur mengakui dengan mengikuti banyak pameran, aneka produk UMKM semakin dikenal. Apalagi dirinya juga melakukan pemasaran secara online dan offline. Paduan gaya pemasaran itu membuat produknya sudah  dikenal di Jakarta, Solo, Yogyakarta. “Bahkan sejak pakai pemasaran online digabung offline, penjualan bisa meningkat 1000%,” katanya.

Ketua AMJ Korda Gresik Vony Saptikah mengatakan dalam  ajang Jatim Fair 2021 sebanyak 14 UMKM  berpartisipasi dengan menjajakan produknya selama pameran yang digelar di Grand City Surabaya. Yang dijual mulai minuman, kerupuk, kue, bakso tahu, lumpia dan aneka produk frozen food dan masih banyak lagi.

“Syukurlah, animo pengunjung terhadap produk AMJ Korda Gresik cukup bagus. Produk kami sudah mulai dikenal di luar Gresik,” katanya.

Vony menjelaskan AMJ Korda Gresik difasilitasi oleh Biro Perekonomian Setdaprov Jatim untuk mengikuti pameran Jatim Fair 2021. Dan UMKM sangat terbantu dengan fasilitas ini. “UMKM bisa mengenalkan produknya ke masyarakat luas, ada perluasan pasar dan pada gilirannya ke kenaikan pendapatan. Atas nama AMJ Korda Gresik kami ucapkan terima kasih pada Pemprov Jatim melalui Biro Perekonomian Setdaprov Jatim atas fasilitasi pameran ini,” katanya.

Untuk diketahui pameran Jatim Fair 2021 resmi dimulai, Jumat (8/10/2021). Berbeda dengan tahun sebelumnya yang digelar secara virtual, pameran Jatim Fair sebagai rangkaian Hari Jadi ke-76 Provinsi Jawa Timur tahun ini dikemas dalam bentuk hybrid selama 5 hari mulai 8-12 Oktober 2021.

Bertema ‘Jatim Bangkit Menuju Pasar Global’, Jatim Fair Hybrid 2021 ini dilaksanakan dengan komposisi offline dan online. Konsep offline dilaksanakan di area Exhibition Hall Grand City Surabaya, dengan jumlah stand sebanyak 172 booth. Sedangkan konsep online dilakukan dengan dua cara, yakni melalui marketplace Tokopedia dan juga website Jatimfair.

Adapun peserta Jatim Fair kali ini antara lain terdiri dari OPD Pemprov Jatim, Korea Tourism Board (KTB), Kabupaten/Kota di Provinsi Jatim, Kabupaten/Kota/Provinsi di luar Jatim, BUMN/BUMD, sektor swasta, serta para UMKM Jawa Timur. Jatim Fair ini sendiri merupakan event akbar yang digelar secara rutin dalam rangka memperingati Hari Jadi Provinsi Jatim, dan gelaran tahun ini merupakan yang ke-12 kalinya. nti

Related posts

BMKG Sebut Banjir di NTT Akibat Siklon Tropis di Samudera Hindia

redaksiWD

Produksi Vaksin Sendiri, Tiongkok Beralih ke Vaksin Pfizer untuk Warganya

redaksiWD

Pemkot Surabaya Gandeng Influencer dan Konten Kreator

redaksiWD