wartadigital.id
Headline Madura

Sampang Gelar Apel Pasukan Antisipasi Bencana Alam 2021

Gelar apel pasukan dan peralatan dalam rangka mengantisipasi bencana alam di wilayah Kabupaten Sampang, Senin (25/10/2021).

 

SAMPANG (wartadigital.id)  – Menghadapi datangnya musim penghujan tahun ini, Polres Sampang menggelar apel pasukan dan peralatan dalam rangka mengantisipasi bencana alam di wilayah Kabupaten Sampang.

Ratusan personel gabungan dari Kodim 0828 Sampang, Polres Sampang dan beberapa perwakilan instansi dari Pemkab Sampang serta Senkom Mitra Polres Sampang mengikuti apel yang langsung dipimpin Forkopimda Sampang, Senin (25/10/2021).

Bupati Sampang yang diwakili Wakil Bupati Sampang H Abdullah Hidayat membacakan sambutan dari Gubernur Jawa Timur Hj Khofifah Indar Parawansa MS dengan didampingi Kapolres Sampang AKBP Abdul Hafidz SIK, MSi dan Dandim 0828 Sampang Yaser Mulya Kalsum SE, MSi.

Gubernur Jawa Timur dalam sambutannya menjelaskan bahwa sejak 2020 bangsa Indonesia dihadapkan pada berbagai bencana baik alam maupun non alam berupa Pandemi Covid-19. Sehingga dalam penanganan bencana tersebut selain memperhatikan faktor evakuasi korban bencana alam juga harus memperhatikan faktor protokol kesehatan agar dalam penanganannya tidak menimbulkan klaster baru penyebaran Covid-19.

Khofifah juga menerangkan dalam sambutannya bahwa dari data BPBD Jawa Timur bahwa mulai 1 Januari sampai dengan 19 Maret 2021 telah terjadi 258 bencana banjir, 5 bencana angin kencang, 2 kejadian puting beliung dan 1 kejadian tanah longsor yang menimbulkan korban jiwa dan kerugian harta benda yang berdampak pada kehidupan 36.805 kepala keluarga.

“Melihat besarnya ancaman bencana alam hidrometeorologi tersebut maka kita perlu meningkatkan kewaspadaan terlebih saat ini akan memasuki musim penghujan, di mana data dari BMKG wilayah Jawa Timur akan memasuki penghujan pada November dan puncaknya pada Januari sampai Februari 2022. Bahkan untuk musim penghujan saat ini dimungkinkan mengalami peningkatan intensitas curah hujan dikarenakan adanya pengaruh badai La Nina yang memicu peningkatan curah hujan 20 sampai 70%,” terang H Abdullah Hidayat saat membacakan sambutan dari Gubernur Jawa Timur.

H Abdullah Hidayat saat meninjau kesiapan perlengkapan dan peralatan dalam rangka mengantisipasi kejadian bencana alam 2021 di Kabupaten Sampang mengatakan kepada awak media bahwa apel gelar pasukan antisipasi bencana alam merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap menghadapi musim hujan.

“Apel ini dilaksanakan untuk mengantisipasi kejadian bencana alam sekaligus mengecek kelengkapan alat serta mengecek kesiapan personel agar siap sedia apabila terjadi bencana alam di wilayah Kabupaten Sampang,” ujar H Abdullah Hidayat.

H Abdullah Hidayat juga mengatakan Forkopimda Sampang dan seluruh stake holder lainnya sudah siap menghadapi datangnya musim penghujan 2021.

Wakil Bupati Sampang juga menghimbau kepada masyarakat untuk tenang dan tidak panik menghadapi datangnya musim hujan di tengah Pandemi Covid-19. Masyarakat diharapkan selalu mematuhi protokol kesehatan dan menyukseskan vaksinasi Covid-19. jok

Related posts

Masih Terikat Perjanjian dengan PT Alimdo, Pedagang Pasar Kota Bojonegoro Tolak SK Bupati

redaksiWD

Peringati Hari Jadi ke-111 Tahun, Pemkab Jombang Gelar Gebyar Vaksinasi di Kelenteng Hong San Kiong

redaksiWD

Prof Yuwono Tegaskan Orang yang Punya Penyakit Jangan Divaksin

redaksiWD