wartadigital.id
Headline Manca

Sempat Bersikeras Salahkan Rusia, Zelensky Kini Mengaku Tidak Tahu Soal Insiden Rudal Nyasar

Reuters
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky 

 

KIEV (wartadigital.id) – Setelah bersikukuh menyalahkan Rusia atas insiden rudal nyasar ke Polandia , kini Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky punya pendapat berbeda. Ia mengaku tidak sepenuhnya yakin apa yang terjadi dengan ledakan rudal yang menewaskan dua orang itu.

Zelensky sebelumnya bersikeras bahwa rudal itu bukan buatan Ukraina dan menginginkan bukti jika pertahanan udara Ukraina yang bertanggung jawab. Namun sikapnya melunak saat berbicara di Forum Ekonomi Baru Bloomberg di Singapura.

Dalam forum itu, ia mengatakan bahwa para pemimpin militer Ukraina mengatakan kepadanya bahwa kawah dari lokasi ledakan menunjukkan bahwa roket anti udara Ukraina tidak dapat sepenuhnya bertanggung jawab. “Saya tidak tahu 100 persen – saya pikir dunia juga tidak 100 persen tahu apa yang terjadi. Kami tidak dapat mengatakan secara spesifik bahwa ini adalah pertahanan udara Ukraina,” katanya seperti dikutip dari The Hill, Jumat (18/11/2022).

Zelensky mengatakan penyelidik Ukraina sedang melakukan perjalanan ke lokasi di Polandia, dan pejabat Polandia mengatakan mereka akan menyerahkan bukti mereka kepada pemerintah Ukraina. Sebelumnya, perwakilan negara-negara NATO dengan cepat berkumpul untuk pertemuan darurat setelah dua orang Polandia tewas di sebuah desa sekitar 15 mil dari perbatasan negara itu dengan Ukraina.

Di tengah rentetan rudal Rusia yang menghantam Ukraina barat setelah penarikan pasukan Rusia dari Kota Kherson, muncul kekhawatiran bahwa rudal Rusia mungkin telah menghantam wilayah anggota NATO. Pasal 5 Perjanjian Atlantik Utara, yang membentuk NATO, menganggap serangan terhadap satu anggota sebagai serangan terhadap semua anggota dan mengharuskan anggota untuk mengambil tindakan yang dianggap “perlu” untuk mempertahankan aliansi.

Namun para pemimpin Barat mengatakan setelah pertemuan bahwa penyelidikan awal menunjukkan rudal itu kemungkinan hasil pertahanan Ukraina melawan rudal Rusia. Presiden Polandia Andrzej Duda pada Rabu waktu setempat mengatakan bahwa “sangat mungkin” serangan itu dihasilkan dari pertahanan udara Ukraina dan tampaknya merupakan kecelakaan.

Zelensky mengatakan dalam wawancara bahwa dia “yakin” bahwa itu adalah rudal Rusia tetapi juga tahu bahwa Ukraina meluncurkan senjata untuk mempertahankan diri dari serangan Rusia. Bloomberg melaporkan pejabat Ukraina mengatakan bahwa militer negara itu menembak jatuh lebih dari 70 dari 100 roket yang ditembakkan Rusia pada Selasa.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg juga mengatakan ledakan itu tampaknya berasal dari roket Ukraina, tetapi dia menyalahkan Rusia karena memulai konflik pada awalnya dan menyebabkan situasi seperti ini terjadi. “Ini bukan kesalahan Ukraina. Rusia memikul tanggung jawab utama. Seluruh insiden ini disebabkan oleh perang brutal Rusia di Ukraina,” imbuhnya. sin, ins

Related posts

Samapta Delta Peduli, Patroli Sambil Berbagi

redaksiWD

Wamenag Buka Suara terkait Wacana Kenaikan Biaya Haji 2021

redaksiWD

Senasib dengan Indonesia, Pebulutangkis Neslihan Yigit dari Turki Dipaksa Mundur

redaksiWD