wartadigital.id
Headline Manca

Tangkal Serbuan 8 Pesawat Militer Tiongkok, Taiwan Kerahkan Jet Tempur

Pesawat jet tempur J-16 Tiongkok. Sebanyak 8 pesawat militer Tiongkok menyerbu ADIZ Taiwan, Minggu (31/10/2021).

 

TAIPEI (wartadigital.id) – Ketegangan antara Taiwan dan Tiongkok terus terjadi dan tensinya kian memanas. Terbaru, delapan pesawat militer Tiongkok kembali menyerbu zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) Taiwan, Minggu (31/10/2021). Taipei pun merespons dengan mengerahkan beberapa jet tempur.

Kementerian Pertahanan Taiwan, seperti dikutip Reuters, Senin (1/11/2021), mengonfirmasi bahwa Angkatan Udara mengerahkan beberapa jet tempur untuk menangkal serangan baru oleh segerombolan pesawat militer Beijing. “Sebanyak delapan pesawat memasuki zona identifikasi pertahanan udara Taiwan,” kata kementerian itu.

Serbuan Beijing ini merupakan yang terbaru setelah sebelumnya ratusan pesawat militer negara komunis itu menyerbu ADIZ Taiwan selama periode empat hari.

Para pejabat Taipei sangat waspada atas misi udara Beijing ke Taiwan, dengan banyak pemimpin di pulau itu mendesak agar berhati-hati.

Pada Kamis lalu, Menteri Pertahanan Taiwan Chiu Kuo-cheng menyebut ketegangan hubungan saat ini sebagai yang paling “parah” yang dia amati selama 40 tahun terakhir.

Ketegangan antara Taiwan dan Tiongkok meningkat sebagai akibat dari aktivitas militer Beijing dan Amerika Serikat—sekutu terkemuka Taiwan yang juga mengamati situasi dengan cermat.

Presiden Taiwan Ing-wen Tsai mengonfirmasi dalam wawancara dengan CNN pekan lalu bahwa pasukan AS saat ini sedang melatih tentara Taipei. Selain itu, beberapa pejabat AS baru-baru ini merujuk pada sumpah AS untuk membela Taiwan dalam kerangka Undang-Undang Hubungan Taiwan.

“Saya dapat mengatakan bahwa kami memiliki hubungan pertahanan dan keamanan yang kuat dan berkelanjutan didasarkan pada komitmen yang telah kami buat untuk membantu mendukung pertahanan diri Taiwan dalam Undang-Undang Hubungan Taiwan,” kata Direktur American Institute di Taiwan Sandra Oudkirk kepada South China Morning Post. sin, rtr

Related posts

Soal PTM, Pemkot Surabaya Masih Tunggu Perkembangan Covid-19

redaksiWD

Empat Daerah di Jatim Masih Zona Merah

redaksiWD

17 Juta Disuntik Vaksin AstraZeneca, 37 Orang Alami Penggumpalan Darah

redaksiWD