wartadigital.id
Headline Manca

Tokyo Protes, Rudal Tiongkok Nyasar di Zona Ekonomi Eksklusif Jepang

Reuters
Sejumlah rudal yang ditembakkan Tiongkok mendarat di barat daya pulau Hateruma di Okinawa, Jepang pun melakukan protes.

 

TOKYO (wartadigital.id)  – Rudal balistik yang ditembakkan oleh Tiongkok diyakini telah mendarat di zona ekonomi eksklusif (ZEE) Jepang untuk pertama kalinya. Hal itu diungkapkan Menteri Pertahanan Jepang Nobuo Kishi, Kamis (4/8/2022). “Lima dari sembilan rudal balistik yang diluncurkan oleh Tiongkok diyakini telah mendarat di ZEE Jepang,” kata Kishi kepada wartawan dalam konferensi pers di Kementerian Pertahanan Jepang seperti dikutip dari Nikkei.

Ia menyebut masalah itu sebagai masalah serius yang mempengaruhi keamanan nasional dan keselamatan warga negara kita. “Kami mengutuk keras masalah serius yang melibatkan keamanan nasional Jepang dan keselamatan rakyatnya,” katanya lagi.

Dijelaskan Kishi, Jepang telah mengajukan protes dengan Tiongkok melalui saluran diplomatik.

Ia menambahkan, bahwa kelima rudal tampaknya mendarat di barat daya pulau Hateruma di Okinawa.

Sementara Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan, rudal-rudal itu terbang tinggi ke atmosfer dan bukan merupakan ancaman terhadapnya. Ini sebagai tanggapan atas kekhawatiran publik tentang apakah mereka melewati pulau utama Taiwan. Kementerian mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka tidak akan mengungkapkan jalur penerbangan rudal Tiongkok karena masalah intelijen.

Wakil Menteri Luar Negeri Jepang Takeo Mori memanggil Duta Besar Tiongkok Kong Xuanyou untuk mengajukan protes atas peluncuran tersebut dan mendesak agar latihan segera dihentikan.

Seperti diketahui, Tiongkok menggelar latihan militer besar-besaran yang mengepung Taiwan. Latihan tembakan langsung udara dan laut, beberapa di antaranya melintasi ruang udara dan laut Taiwan, dimulai beberapa jam setelah Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS meninggalkan Taiwan pada Rabu, setelah melakukan kunjungan pertama oleh seorang politisi senior AS ke pulau itu sepanjang 25 tahun.

Sebelumnya, dilaporkan 11 rudal balistik Dongfeng Tiongkok telah ditembakkan di perairan sekitar pulau itu. Terakhir kali Tiongkok menembakkan rudal ke perairan sekitar Taiwan adalah pada tahun 1996.

Tiongkok mengadakan latihan militer terbesarnya di sekitar Taiwan, yang dianggapnya sebagai wilayahnya dan berjanji suatu hari akan merebutnya, dengan paksa jika perlu. Pertunjukan kekuatan militer dipicu oleh kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke pulau yang memiliki pemerintahan sendiri, meskipun ada peringatan keras dari Beijing.

Pesawat Pelosi mendarat di Jepang pada Kamis untuk pemberhentian terakhir dalam tur Asia-nya. Wartawan AFP melihat pesawat mendarat di Pangkalan Udara Yokota di Tokyo, dengan Pelosi tiba dari Korea Selatan.
Bagian dari wilayah pulau paling selatan Jepang Okinawa dekat dengan Taiwan. Kishi mengatakan itu adalah pertama kalinya rudal balistik Tiongkok mendarat di ZEE Jepang. ZEE membentang hingga 200 mil laut dari garis pantai Jepang, di luar batas perairan teritorialnya. Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan latihan China merupakan blokade de facto terhadap pulau itu. riz, ins

 

Related posts

Dangdutan di Balai Kota Diduga Langgar Prokes, Polisi Segera Panggil Walikota Blitar

redaksiWD

HUT Bhayangkara ke-75, Halaman Polres Sampang Dibanjiri Ratusan Karangan Bunga

redaksiWD

tiket.com Resmi Menjual Tiket MotoGP Indonesia Grand Prix 2022  di Mandalika

redaksiWD